Instalasi dan Konfigurasi Hotspot + Sistem Billing Menggunakan Distro EasyHotspot (Part 2)

Postingan kali ini adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya yang dapat diakses di sini.

Sebelum kita mulai masuk ke manajemen voucher dan user, ada beberapa konfigurasi yang dapat diatur untuk mengoptimalkan penggunaan EasyHotspot. Misalnya:

1. Pengaturan Informasi Hotspot dapat diubah pada alamat /opt/local/web/easyhotspot/htdocs/system/application/config/easyhotspot.php

2. Pengaturan bahasa –> saat ini EasyHotspot sudah mendukung pengaturan bahasa Indonesia, Inggris dan Spanyol. Buka alamat :

/opt/local/web/easyhotspot/htdocs/system/application/language/english/easyhotspot_lang.php. Ubah nilai $config[‘language’] = ‘english’ ;

3. Pengaturan remote console agar dapat diakses dari klien. Secara default, login console EasyHotspot hanya dapat diakses via localhost saja yang artinya tidak bisa diakses dari luar. Ubah nilai $config[‘base_url’] = “EasyHotspot IP address”; pada alamat /opt/local/web/htdocs/easyhotspot/system/application/config/config.php.

Manajemen Billing Plan (Prepaid / Voucher)

Saatnya menentukan template tarif harga pemakaian hotspot. template ini digunakan nantinya untuk membuat voucher. Mau berdasarkan kuota atau time based? silahkan Anda atur sendiri tarif harganya.

Caranya dengan masuk console EasyHotspot pilih Admin Menu lalu pilih Billing Plan.

ScreenShot131

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas Saya membuat dua paket billing, yang pertama adalah paket time based dengan harga 1 jam/Rp.3000 kemudian paket kedua berdasarkan kuota dengan besar kuota 500MB dengan harga Rp.30,000.

Selanjutnya masuk ke Voucher Management pada Cashier menu untuk meng-generate voucher. Saya akan buat dua voucher yang pertama voucher menggunakan template time based, yang kedua menggunakan kuota based.

 ScreenShot132

Manajemen Akun Pasca Bayar (Post Paid)

Untuk pengguna yang memilih menggunakan akses hotspot terlebih dahulu baru kemudian membayar tagihannya dapat kita buatkan menjadi akun post paid. Caranya adalah dengan membuat aturan harga per-jam dan per-mega nya terlebih dahulu. Saya akan membuat template harga untuk postpaid sbb;

ScreenShot133

Selanjutnya membuat username dan password untuk pengaturan akun postpaid.

ScreenShot134

Testing Koneksi EasyHotspot dari Klien

Setelah selesai melakukan konfigurasi console dan tarif serta voucher EasyHotspot, sekarang saatnya melakukan tes koneksi login Easyhotspot. Saya menggunakan PC dengan OS Windows XP untuk menjadi klien dengan pengaturan IP di-set DHCP.

Setelah terkoneksi dan mendapatkan IP, cobalah membuka sebuah halaman internet. Anda akan diarahkan ke halaman login untuk dapat tersambung ke internet.

ScreenShot129

Testing Akun Prepaid

Sebelumnya kita telah membuat akun prepaid (voucher) dengan kuota based dan time based. Nah, sekarang kita akan mencoba login dengan voucher yang sudah kita buat tersebut.

Setelah muncul halaman EasyHotspot Login, maka masukkan username & password sesuai dengan yang tercetak pada voucher.

Tes 1: menggunakan voucher time based

Apabila telah login dengan benar maka akan ada notifikasi bahwa Anda telah sukses login ke EasyHotspot. Durasi yang tersedia sesuai dengan pengaturan voucher yang sebelumnya telah kita buat, yaitu 1 jam dengan harga Rp.3000.

ScreenShot135

Pastikan halaman tersebut jangan tertutup karena apabile tertutup maka koneksi internet Anda akan terputus dan Anda harus melakukan login ulang.

Tes 2: menggunakan voucher kuota based

Jika login menggunakan voucher dengan kuota based, maka  yang akan tampil bukan billing pemakaian, tetapi durasi expired voucher. Mungkin ini adalah salah satu bugs EasyHotspot.

ScreenShot137

Bugs lain yang masih terdapat pada voucher kuota based adalah user hanya dapat menggunakan voucher tersebut untuk sekali pakai. Jika user melakukan logout sebelum kuota habis maka user tersebut tidak akan bisa login kembali seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.

ScreenShot136 

Testing Akun Postpaid

Selanjutnya kita akan coba login menggunakan akun postpaid. Setelah login berhasil maka hanya akan ada tampilan durasi expired akun, bukan billing kuota. Kemudian bugs ‘tidak dapat login ulang’ nampaknya tidak terjadi pada akun postpaid dengan kuota based. Sedangkan untuk time based tidak mengalami masalah sama sekali.

Pada artikel selajutnya kita akan bahas beberapa pengaturan konfigurasi yang dapat mengoptimalkan penggunaan EasyHotspot.

 

Sumber referensi : http://easyhotspot.inov.asia/index.php/documentation , http://yudymardianto.wordpress.com/tag/easyhotspot/ , Majalah InfoLinux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *