Mengatasi Sesi Locked & Mengatur Sesi Disconnected RemoteApp Windows Server 2008

Beberapa minggu ini gue mendapatkan laporan dari pengguna aplikasi remot (RemoteApp)  yang berada di kantor cabang. Mereka mengeluhkan aplikasi tersebut kerap kali “terkunci” selang beberapa menit dari keadaan tanpa aktifitas. Keadaan tersebut membuat mereka harus memasukkan ulang credential (user dan password) dan akibatnya respon aplikasi tersebut menjadi lambat.

e.g gambar sesi “Locked” RemoteApp

ScreenShot279

Then, like usual, I’m going to search a solution by enter Google.

Beberapa solusi yang gue temukan:

  1. Menon-aktifkan screen saver atau dapat juga mengatur sesi timeout menjadi 0
  2. Mengatur sesi “Disconnected” RemoteApp

 

Menon-aktifkan screen saver

Cara ini mencegah sesi “Locked” muncul selang 10 menit idle time tanpa aktifitas. Pada sebuah lingkungan domain, standar default domain policy adalah 10 menit sebelum screen saver dijalankan. Oleh karena itu kita harus mengubahnya menjadi 0 atau disable screen saver.

Lakukan cara ini pada setiap PC/Workstation pengguna RemoteApp. Anda pun dapat menerapkan settingan tersebut ke beberapa PC sekaligus menggunakan GPM (Group Policy Management) sehingga kita tidak perlu repot-repot datang ke setiap pengguna RemoteApp. Tentunya Anda tidak mau kan disuruh ke semua cabang hany untuk melakukan konfigurasi dasar seperti ini. Tapi bagi yang doyan jalan-jalan justru seneng banget deh dapat kesempatan buat keliling Indo Smile with tongue out

Off to the topic.

Berikut adalah konfigurasi yang harus diterapkan:

  • Buka gpedit.msc
  • Pilih User Configuration -> Policies -> Administrative Template -> Control Panel –> Display -> Screen saver timeout
  • Pilih Enable kemudian isi nilainya menjadi 0

Lakukan gpupdate /force pada domain server dan PC/Workstation. Bila perlu, lakukan resrtart.

Mengatur sesi “Disconnected” RemoteApp

Kenapa hal ini penting? karena sesi ini dapat menentukan respon dari RemoteApp itu sendiri. Sesi ini perlu diatur supaya performa dari koneksi RemoteApp ke Terminal Server menjadi optimal dan tentunya penggunaan bandwidth serta resource memory pada Terminal Server bisa diminimalisir.

Sebagai pengetahuan tambahan tentang terminasi sesi pada RemoteApp bisa Anda baca di sini.

Nah, selanjutnya skenario yang gue pakai untuk mengatur sesi “Disconnected” adalah seperti ini:

  • Gue anggap semua user selesai menggunakan RemoteApp pada jam 5 sore dan kembali esok harinya pada pukul 8 pagi

Jadi yang harus gue lakukan adalah mengatur sesi disconnected dengan jeda waktu 17:00 – 08:00 (15 jam). Tapi kalau menurut gue 15 jam adalah waktu terjauh tanpa memperhatikan lembur. Apabila kita juga menentukan waktu lembur karyawan, misalnya sampai jam 9 malam, maka jeda waktu harus makin dikecilkan. Oleh karena itu waktu 8 jam menurut gue adalah waktu paling aman.

Sekarang waktunya menerapkan policy tersebut. Caranya masuk ke local policy setting pada Terminal Server dengan akun administrator. Lalu lakukan perubahan policy pada value:

Computer Configuration\Administrative Templates\Windows Components\TerminalServices\Terminal Server\Session Time Limits

Setelah itu lakukan gpupdate /force dan restart apabila diperlukan serta lalukan trial konfigurasi yang sudah diterapkan.

Selesai. Smile

 

Notifikasi tambahan:

Untuk Windows Server 2012 key policy yang perlu diubah ada di:

Computer Configuration\Administrative Templates\Windows Components\Remote Desktop Services\Remote Desktop Session Host\Session Time Limit

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *