Menggunakan Modem Telkomsel Flash SpeedUp SU-9500 Pada Windows 8

Duh.. Setelah upgrade dari Windows 7 ke Windows 8 kok malah nggak bisa pakai nih modem ya? padahal sudah install program bawaannya *garuk2pala*

Tampilannya cuma “No Device” aja, setelah itu diam tak ada respon sama sekali. Ada apa ini?

ScreenShot574

Baiklah kita coba oprek saja gimana caranya supaya modem SpeedUp SU-9500 dapat digunakan pada Windows 8 beserta variannya.

Setelah berhasil menginstal program bawaan perangkat modem tersebut mari kita coba buka aplikasi tersebut kemudian buka Device Manager.

ScreenShot575

Kita lihat pada Device Manager ada perangkat ‘Other devices’ yang belum terinstal driver, yaitu USB Modem. Kita bisa coba klik kanan pada item ‘USB Modem’ kemudian pilih Update Driver Software..

ScreenShot576

Kemudian arahkan ke folder instalasi SpeedUp SU-9500 pada folder driver Vista 64—secara nggak ada folder Windows 8 😀

ScreenShot577

Kenapa saya menggunakan driver Vista 64? karena saya menggunakan Windows 8 Pro 64 Bit. Jika Anda menggunakan Windows 8 Pro 32 Bit dapat memilih folder Vista saja.

kemudian lakukan hal serupa untuk ‘USB Modem’ yang lainnya sehingga tampilannya menjadi seperti di bawah ini.

ScreenShot578

Ada ‘Mobile Connector’ pada tab Modems, kemudian ada ‘Device Application Interface, Device Diagnostics Interface, Device Pipe & Device Pipe 2 pada Ports (COM & LPT).

Dan sekarang…..

VOILA!!

Modem berhasil terdeteksi di platform Windows 8.

ScreenShot579

So, jangan buang dulu modem SU-9500 Anda!! Karena masih bisa berfungsi bahkan pada platform Windows yang baru sekalipun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *