Upgrade Windows 8 ke Windows 8 Pro

Sebenarnya ini adalah postingan yang tertunda cukup lama.

10 bulan lebih.

Ini namanya bukan cukup lama kayaknya tapi LAMA BANGET.

Maklum namanya juga manusia super sok sibuk jadi adaaa aja alasaannya kalau udah gini dehh.. hehe

 

Awal tahun ini gue beli OS windows 8 original fresh dari Microsoft. Waktu itu sedang ada promo buat yang mau upgrade dari Windows 7 cukup bayar $14,99 atau sekitar 160 ribuan. Lumayan, kan? Daripada beli versi retailnya bisa sampai 2 jutaan 🙁

Order Summary Win8ProCumaa versi upgrade ini hanya menyediakan upgrade via online yang artinya kita harus unduh dulu installernya pakai aplikasi Windows 8 Pro Upgrade Assistant. Jadi, buat lo yang fakir koneksi internet mending jangan beli versi yang beginian daripada nyiksa batin, hehe. Nah, setelah itu gue langsung mengunduh installernya. Perlu waktu kurang lebih 3 jam dengan koneksi 512 Kb/s. Daripada nunggu lama mending sambil tinggal bobo aja ya besok lanjutin lagi.

DownloadWin8Pro

[Pagi harinya]

Voila! akhirnya selesai juga proses unduhnya.

Sekarang waktunya memindahkan installer tersebut ke media DVD.

CreatingMediaWin8Pro

Kita pilih Install by creating media lalu kita pilih ISO file dan siapkan media DVD untuk meletakkan OS Windows 8 Pro tersebut.

MediatoUseWin8Pro

BurnTheISOWin8Pro

Mari kita mulai proses burning ISO-nya 😉

WindowsImgBurnerWin8Pro

Setelah proses burning ISO Windows 8 Pro berhasil dilakukan saatnya sekarang kita boot dari DVD tersebut. Setting boot priority Anda menjadi CD/DVD. Proses upgrade ke Windows 8 Pro akan segera muncul.

PreUpgradeAtt

Beberapa hal terkait kebutuhan untuk upgrade akan diinformasikan via wizard. Poin utamanya adalah ruang kosong HDD minimal 20 GB untuk dapat melakukan instalasi Windows 8 Pro.

PreUpgradeFiles

Apabila Anda ingin mempertahankan konfigurasi Windows, file yang ada pada folder personal serta aplikasi silahkan pilih option pertama. Jika ingin mempertahankan file personal Anda silahkan pilih option kedua. Pilih Nothing apabila tidak ada yang ingin Anda pertahankan.

PreUpgradeLicense

Masukkan product key / serial number Windows 8 Pro Anda kemudian klik Next.

PreUpgradeUpdates

Apabila Anda telah terhubung ke internet sebaiknya pilih install updates supaya proses instalasi dapat berjalan lancar. Setelah itu klik Next.

Congratulation! Anda telah selesai menginstal Windows 8 Pro. Silahkan Anda coba cek versi Windows 8 Anda apakah sudah berubah menjadi Windows 8 Pro atau belum. Apabila belum silahkan coba lagi proses di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *