Aktifasi Ulang Windows 7 Dengan Perangkat Keras Yang Berbeda

Hari ini ada satu PC yang akhirnya pulang dari vendor setelah beberapa hari diopname karena sakit pada “Papan Ibu-nya” (Baca: Motherboard). Setelah melakukan pengecekan ulang hardware dan instalasi ulang sistem operasi menggunakan Windows 7, baru ngeh kalau nanti gimana ya masalah lisensi? sempat terpikir untuk beli lagi lisensi yang baru tapi pasti sulit deh pengajuannya 🙁

Lisensi sistem operasi Windows, khususnya OEM tidak mengijinkan perubahan yang terjadi pada beberapa perangkat keras yang mayor, diantara lain adalah:

  1. Motherboard
  2. Processor

Apabila kedua perangkat di atas diganti dengan spesifikasi yang berbeda kemudian Anda melakukan aktifasi via online maka hasilnya akan seperti sbb;

Win7ActTry

Yup. tidak dapat digunakan untuk aktifasi ulang. Eit, jangan bingung dulu. Baca option selanjutnya ‘Use the automated phone system to activate’. Pilihan ini dilakukan dengan cara menelpon ke nomor layanan validasi lisensi Microsoft. Pada pilihan ini terdapat plihan untuk membatalkan aktifasi yang pertama, artinya lisensi yang sudah kita aktifasi sebelumnya akan dihapus. Mari kita coba lakukan.

Win7ActLoc

Pilih lokasi domisili Anda untuk mendapatkan nomor layanan lisensi Microsoft lokal.

Win7ActPhone

Di wisaya selanjutnya terdapat beberapa nomor telepon yang dapat Anda hubungi. Silahkan coba kontak yang gratis dahulu apabila tidak bisa baru pilih yang berbayar. Pengalaman Gue dari menelpon keempat nomor di atas, cuma satu yang aktif dan itupun berbayar. Untung masih pakai telepon kantor, hehehe. Di langkah kedua terdapat nomor Instalasi ID. Nomor ini diperlukan pada saat nanti Anda akan memulai langkah demi langkah mengaktifasi ulang via telepon. Oh ya, layanan ini fully automatic phone answer ya jadi tidak ngobrol macam ke Customer Service. Perhatikan nomor telepon dan pilihan-pilihannya, salah-salah nanti malah gagal dan ulang dari awal lagi. Intinya pilih Bahasa Indonesia (ya iyalah) kemudian pilih aktifasi windows dan aktifasi ulang windows dengan komponen hardware yang berbeda. Nanti Anda akan diminta untuk membatalkan lisensi Anda yang lama apabila setuju.

Win7ActPhoneFill

Masukkan 6 digit pada boks pertama, kemudian 6 digit pada boks kedua dst. Pastikan Anda tidak salah tekan atau sampai terlewat. Salah satu angka saja dapat mengakibatkan kegagalan proses aktifasi.

Win7ActSuccess

Apabila Anda sudah melakukannya dengan benar maka seharusnya proses aktifasi akan berhasil seperti gambar di atas.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *