Membuat Shortcut Program Dengan Hak Akses Administrator Pada Mode Standar User

Pada beberapa aplikasi tertentu memerlukan priviledge/hak akses administrator untuk menjalankannya. Terutama aplikasi yang kaitannya dengan security system. Hal ini mengakibatkan user biasa (baca: standar) menjadi kesulitan apabila ingin menjalankan aplikasi jenis tersebut. Memberikan hak akses sebagai administrator bukanlah sebuah opsi yang bijak karena nanti dikuatirkan user tersebut malah mengutak-utik standar system. Sebagai contoh ada user di kantor gue yang karena dalam kondisi tertentu minta dijadikan sebagai admin lokal. Setelah sebulan berlalu hak akses tersebut akhirnya gue cabut, kenapa?

  1. Doi mulai gak sadar kalau berhasil menginstal plugin yang ‘aneh’
  2. Doi mulai gak sadar mulai banyak advertising anonim yang muncul
  3. Doi mulai gak sadar komputernya udah mulai lemot karena ada aplikasi nomor 1 dan 2

Setelah sadar dan komplain komputernya lemot baru deh gue cek dan ternyataa ini desktop-nya jadi tambah berwarna-warni dan bervariasi (dengan program nggak jelas).

Nah, belajar dari masalah tersebut akhirnya gue coba cari referensi supaya aplikasi yang memang perlu hak akses khusus administrator dapat dijalankan meskipun dengan menggunakan login user biasa.

Klak..klik..klak..klik.. akhirnya ketemu juga nih :))

Mudah banget ternyata caranya. Pertama lo harus aktifkan dulu akun administrator built-in alias bawaan Windows karena by default akun administrator di-disable oleh Windows. Kemudian jangan lupa berikan password.

Kedua lo harus buat shorcut yang mengarah ke aplikasi yang dimaksud. Sebagai contoh gue akan membuat shortcut untuk aplikasi Ccleaner. Caranya tinggal klik kanan pada area kosong desktop lo kemudian pilih New -> Shortcut

Lalu tuliskan command  di bawah ini supaya aplikasi yang memerlukan hak akses administrator dapat dijalankan oleh user biasa.

runas /user:John-PC\Administrator /savecred “C:\Program Files\CCleaner\CCleaner.exe”

Keterangan:

  • Runas > menjalankan aplikasi dengan mode user tertentu
  • /user:John-PC\administrator > menentukan mode user yang akan digunakan. Silahkan sesuaikan dengan nama PC anda (ingat.. metode ini hanya dapat digunakan via administrator built-in)
  • /savecred > credential akan disimpan dalam shorcut tersebut. Jadi pada proses buka aplikasi berikutnya kita tidak perlu memasukkan password lagi
  • C:\Program Files\CCleaner\CCleaner.exe > lokasi dari file yang akan dipanggil

Apabila sudah selesai silahkan coba shorcut yang telah dibuat. Seharusnya pada saat pertama kali muncul akan terlihat layar hitam berisi pertanyaan password yang akan digunakan untuk membuka plikasi tersebut. Masukkan password yang telah lo buat sebelumnya dan tunggu sejenak. Seharusnya jika langkah-langkah yang kita lakukan telah benar kita akan dapat membuka aplikasi tersebut.

Selamat mencoba 🙂

2 thoughts on “Membuat Shortcut Program Dengan Hak Akses Administrator Pada Mode Standar User

  1. Permisi, Bang Rachmadona…
    Terima kasih atas artikelnya.
    Namun saya ada pertanyaan, lalu apakah setiap user akan menjalankan aplikasi tersebut harus selalu memasukkan password-nya? Bukankah password tersebut adalah password hak akses administrator?
    Akankah ada kemungkinan si user akan menggunakan password tersebut untuk menjalankan fitur atau aplikasi yang membutuhkan hak akses administrator?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *