Reset Admin Lokal Windows Server 2012

**Cara ini berlaku juga untuk semua produk windows 7 ke atas

Sebenarnya ini artikel yang udah lama ingin gue tulis. Draftnya sudah ada sejak tahun lalu tapi cuma belum kelar capture gambarnya aja.

Seberapa sering Anda sebagai SysAdmin lupa dengan password server sendiri? Gue rasa kalo cuma servernya kurang dari lima biji mah nggak bakalan ada namanya lupa password. Tapi kalo udah punya lebih dari 5 server atau bahkan hingga ratusan server mana cara yang lebih optimal untuk dilakukan agar password gampang diingat. Solusi cepat dan mudah adalah menggunakan password yang sama untuk semua server. Jelas ini kesalahan fatal namanya. Memang kemudahan didapat tetapi tingkat keamanan jelas sangat-sangat tidak kredibel karena jika satu waktu ada yang berhasil bobol sebuah server, maka server lain otomatis bakal jadi sasaran mudah untuk ditembus. Solusi cepat lainnya adalah tulis password di sebuah note. Note khusus berisi password. Mulai dari password login jejaring sosial hingga situs buka-bukaan ditaruh bareng dengan password buat server kantor. Cara seperti ini juga menimbulkan resiko jika suatu waktu Anda lupa meletakkan note tersebut lalu jatuh ke tangan yang salah *lebay*. Sukur-sukur yang nemuin langsung mau balikin dan dengan baik hati nggak mau lihat isi note tersebut. Tapi kalo ternyata doi minta tebusan macam penculikan sadis yang beredar di tipi? *halah*

Bisa pusing delapan keliling, kan? Hehe..

Well, disini Gue nggak akan membahas gimana cara terbaik menyimpan sebuah password apalagi password kritikal seperti password server production. Tapi cuma mau bahas gimana cara mereset password Admin Lokal (Ingat ya Admin lokal, bukan Admin sebuah domain) Windows Server 2012. Cara sederhana tanpa bantuan third party application loh 🙂

Pertama yang kita butuhkan adalah DVD installer Windows Server 2012. Pasti punya kan secara Anda lah yang tentunya dulu yang melakukan instalasi OS tersebut. Kalau nggak punya ya donlot aja dulu #QueueMode: On (karena antrian donlot pilem udah banyak 😀 ). Caranya boot ke DVD kemudian setelah proses persiapan selesai pilih repair your computer.

reset-passwd-admin-loc-serv2012-1Kemudian pilih Command Prompt.

reset-passwd-admin-loc-serv2012-2

Selanjutnya akan muncul layar hitam console dari Command Prompt. Masuk ke direktori local OS kemudian salin perintah di bawah ini.

move utilman.exe utilman.exe.old

copy cmd.exe utilman.exe

Setelah selesai, restart windows.

Kemudian pada saat layar login, klik tombol ease access di pojok kiri bawah.

ease center

Setelah itu muncul command prompt. Ketik perintah di bawah untuk membuat user admin yang baru (contoh: admin-hack) dan akan kita masukkan ke dalam group Administrator.

net user admin-hack yourpassword /add

net localgroup administrator admin-hack /add

Coba login menggunakan user yang baru kita buat. Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *