vSphere 5 – Desain dan Implementasi Lanjutan (Bagian Tiga)

Artikel berikut adalah lanjutan artikel sebelumnya di sini.

Pada artikel kali ini kita akan coba menginstal FreeNAS sebagai media shared storage alternatif pengganti VMware VSAN. Produk lain yang juga terkenal dan biasa dipakai sebagai NAS adalah OpenFiler. Bingung dengan Linux? Tenang.. bagi Anda yang terbiasa menggunakan sistem operasi Windows bisa coba produk keluaran dari StarWind.

Oke selanjutnya mari kita mulai mengunduh installer FreeNAS. Jika sudah selesai silahkan langsung mounting ISO tersebut ke dalam VMware WS10. Jangan lupa assign VMnet3 ke Network Adapter supaya nanti FreeNAS dapat berkomunikasi dengan server yang lain.

Perlu diketahui bahwa untuk versi terbaru FreeNAS tidak mengijinkan diinstal di atas storage yang sama untuk meletakkan data (OS guest). Oleh karena itu siapkan minimal dua HDD atau dapat menggunakan UFD (Flash Disk) sebagai media untuk sistem operasi si FreeNAS.

Selanjutnya setelah nyala maka akan muncul wisaya untuk melakukan instalasi dan konfigurasi FreeNAS.
freenas config 1

Lanjut kita pilih nomor 8 untuk melakukan instalasi FreeNAS.

freenas config 2

Pilih nomor 3 untuk melakukan instalasi di HDD (karena Gue sudah membuat dua HDD virtual). Satu digunakan khusus untuk OS FreeNAS, satu lagi khusus untuk OS guest.

Kemudian akan muncul wisaya konfirmasi untuk melakukan instalasi FreeNAS, pilih OK.

freenas config 3

Next saja pada pilihan media instalasi sehingga muncul wisaya pemilihan disk untuk meletakkan OS FreeNAS. Arahkan ke partisi pertama.

freenas config 5

Pada wisaya selanjutnya pilih OK hingga proses instalasi FreeNAS dimulai.

freenas config 7

Apabila proses instalasi telah selesai lakukan reboot system (pilihan no. 6).

freenas config 8

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah konfigurasi IP. Pilih nomor 2.

freenas config 9

Berikan IP, subnet, gateway dan DNS sesuai dengan topologi yang sudah kita buat sebelumnya. Apabila selesai network interface akan melakukan inisialisasi untuk menerapkan hasil konfigurasi kita.

freenas config 15

Finally proses instalasi telah selesai dan kita dapat melakukan konfigurasi secara advanced lewat browser. Mari kita buka browser kemudian ketik IP FreeNAS.

freenas config 16

Setelah berhasil login maka kita akan diarahkan menuju dashboard berisi informasi umum mengenai sistem FreeNAS yang telah kita instal.

freenas config 17

Pada bagian bawah ada parameter ‘Disk space usage’ dan nilainya masih “No disk configured” yang artinya kita belum melakukan konfigurasi untuk menambahkan disk ke FreeNAS yang nantinya akan digunakan sebagai datastore ESXI.

Lanjut ke modul Disks > Management kemudian klik ‘+’ untuk mulai menambahkan disk.

freenas config 18

Pada wisaya berikutnya muncul parameter-parameter yang harus kita atur. Poin utama hanya pada pemilihan disk yang akan digunakan dan jenis file systems. Karena disk ini nantinya disk ini akan dipergunakan sebagai iSCSI Disk, maka Saya berikan deskripsi iSCSI-DISK.

freenas config 19

Setelah selesai akan muncul status ‘ONLINE’ pada DISK > Management.

freenas config 20

Kemudian masuk ke tab Services > iSCSI target dan centang enable option.

freenas config 21

Lanjut ke tab portals, pastikan IP dan port yang digunakan sudah tepat (by default 3260).

freenas config 22

Pada tab initiators terdapat subnet jaringan yang diizinkan untuk mengakses iSCSI disk yang akan kita buat. Demi keamanan kita bisa atur agar beberapa subnet saja yang diizinkan.

freenas config 23

Pada tab targets, enable kan opsinya kemudian beri nama pada kolom extent name.

freenas config 24

freenas config 24a

Sampai di sini konfigurasi untuk FreeNAS sudah selesai dilakukan. Pada artikel selanjutnya kita akan coba mengkoneksikan iSCSI disk yang sudah kita buat ke ESXI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *