Memperbaiki ‘Signal Lost’ & Ganti IMEI Lenovo S860

Beberapa hari belakangan setiap pagi kalau melihat hp gue, Lenovo S860 hang. Parahnya lagi hang pada saat boot dan stuk pada logo Lenovo aja. Tapi setelah Gue soft reset masih bisa boot ke menu utama sih.

lenovo stuck on boot

Awalnya Gue curiga karena ada pengaturan auto off & auto off sehingga bikin ini hp jadi stuck. Ternyata eh ternyata.. meskipun udah Gue non aktifkan masih sering stuck juga. Akhirnya pada hari ketiga setelah gejala seperti yang Gue sebutkan tadi, ini hp bener-bener stuck nggak mau boot. Coba soft reset & shutdown juga hasilnya nihil.

Alamat masuk kardus terus dilem biru nih :p (lempar, beli baru).

But, wait. This isn’t me if easy to surrender. #halah

Mulailah Gue mencari solusi bagaimana cara memperbaiki hp ini. Masalahnya ini hp cuma satu-satunya jadi kudu & harus bener dalam waktu yang singkat. Kalo nggak ntar banyak klien ngamuk gegara nggak bisa kontak Gue, haha. Biasalah terkait SLA dan layanan paska penjualan.

Kata kunci pertama yang Gue gunakan adalah bagaimana cara untuk re-flash sistem operasi lenovo s860. Bahasa gaulnya instal ulang gituh.

Sempat mampir ke beberapa situs buat dijadikan ajang percobaan hp dengan baterai badak ini tapi hasilnya tetap nihil alias gatot alias gagal total.

Terus nemu artikel di sini yang fix bisa dijadikan buat acuan.

 

Flashing Lenovo S860 2GB

Syarat yang diperlukan sebelum melakukan instalasi adalah sbb;

  1. MT65xx_USB_Driver
  2. MT6577 USB VCOM drivers
  3. Smart Phone Flash Tool
  4. Stock Official ROM 4.4.2 Lenovo 2GB Edition (ROW), bukan yang CN

Gue anggap proses instalasi driver sudah berhasil dilakukan. Gampang kok tinggal next aja terus sampai kelar.

Setelah itu mari kita jalankan aplikasi Smart Phone Flash Tool. Versi yang Gue pakai kali ini adalah versi S860_ROW_Flash_Tool_v3.1324.0.177_PreloadUpdate yang bundling dengan stock ROM lenovo. Setalah dibuka arahkan scatter-loading ke folder target bin untuk mencari konfigurasi scatter.

spflash lenovo 1

Selanjutnya kita akan lihat konfigurasi yang akan diinstal ke dalam hp.

spflash lenovo 2

Centang opsi “DA DL All With Checksum” kemudian pilih Firmware > Upgrade hingga ada status ‘Searching’ di bagian bawah aplikasi tersebut. Lalu colokkan hp dalam keadaan mati (turn off). Seharusnya proses instalasi akan otomatis dilakukan setelah kabel usb tertancap ke komputer.

spflash lenovo 3

Sembari nunggu proses instalasi bisa makan gorengan dulu.. #Asyikk

10 menit kemudian…

 

Okee, sekarang sudah kelar. Ada notifikasi lingkaran hijau apabila proses instalasi berhasil dan tidak ada kendala.

spflash lenovo 4

Reboot hp kemudian tunggu proses inisialisasi sistem operasi yang baru. Proses kira-kira 5 menit.

Makan gorengan lagi…

5 Menit kemudian…

 

Masuk ke desktop, atur standar bahasa untuk sistem operasi, dan kemudian.. what!? nggak ada sinyal sama sekali? Coba ganti pakai kartu lain deh.

invalid imei 2

Aneh ya pas selesai instalasi malah nggak bisa buat menelpon, sms bahkan internetan. Padahal sinyal oke dan bisa register ke jaringan telepon selular. Selidik punya selidik setelah melakukan ritual mandi kembang tengah malam Gue menemukan akar permasalahannya, yaitu IMEI si lenovo invalid alias nggak kedetek. Karena secara aturan berkomunikasi dalam dunia seluler, IMEI dianggap sebagai identitas sebuah perangkat komunikasi atau sebagai KTP lah jika buat orang.

invalid imei

Selain itu error muncul ketika wifi dinyalakan. NVRAM WARNING: Err = 0x10 . Artinya ada indikasi kerusakan file di folder NVRAM pada sistem operasi.

invalid imei 3

Oke, berarti sekarang kita fokus untuk memperbaiki IMEI dulu nih supaya ini hp bisa digunakan untuk nelpon dll. Beberapa cara Gue temukan supaya IMEI bisa dipulihkan, diperbaiki bahkan diganti sekalipun namun belum ada cara yang berhasil. Cara-cara tersebut antara lain menggunakan metode:

Satupun cara di atas tidak berhasil sama sekali. Weeh, alamat diujung tanduk dah bakal berakhir di tangan orang lain nih hp (baca: dijual :p)

Eit, tunggu dulu. Akhirnya ketemu juga nih cara yang menurut Gue bisa nyembuhkan penyakit si lenovo, namanya pakai IMEI Retriever (MTK). Tekniknya cukup mudah. Kita akan buat satu file yang nantinya akan ditaruh pada folder NVRAM sebagai pengganti file yang corrupt/rusak. Mari kita unduh terlebih dahulu aplikasinya di sini.

Ekstrak aplikasi tersebut kemudian jalankan cmd dengan mode Run As Administrator. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

Use: imei.exe <IMEI_1 15 digits> [IMEI_2 15 digits]

Contoh kita akan memasukkan IMEI 123456789012345 987654321012345 (Ingat, hp yang Gue gunakan adalah tipe dual sim sehingga Gue harus memasukkan dua IMEI. Jika hp Anda hanya punya satu sim, maka cukup satu IMEI saja yang diketik).

imei mtk

Setelah proses selesai seharusnya ada file MP0B_001_NEW pada folder tersebut.

imei mtk 1

Rename file tersebut jadi MP0B_001.

Nah, selanjutnya untuk dapat menyalin file yang sudah kita buat ke dalam sistem operasi maka kita perlu melakukan root terlebih dahulu. By default, sistem operasi hanya dapat dibukan dalam mode read-only. Oleh karena itu kita harus menghilangkan proteksi tersebut.

Banyak software yang dapat me-root Android, tapi tidak ada yang semudah Kingo Root. Aplikasi yang satu ini membuat pekerjaan root-unroot menjadi sangat simpel. Cukup unduh aplikasinya di sini kemudian jalankan dan colok hp Anda. Proses instalasi driver & root akan berjalan otomatis hanya dengan satu klik!

kingo root 1

Sebelum menyolok hp Anda pastikan mode USB debugging sudah aktif agar proses root dapat dilakukan. Sebaiknya Anda memiliki koneksi internet pada saat instalasi driver.

kingo root 2

Setelah dicolok proses instalasi driver otomatis dilakukan. Kemudian pada layar hp Anda allow USB debugging yang akan dieksekusi oleh Kingo Root.

kingo root 3

Apabila tidak masalah akan muncul wisaya sesuai dengan tipe hp Anda. Root status saat ini masih NO alias unroot. Klik Root untuk memulai proses root.

kingo root 4

Proses rooting berjalan dan kita tinggal duduk manis.

kingo root 5

Dan tara… rooting telah berhasil.

Nah selanjutnya kita akan menyalin file MP0B_001 ke dalam sistem operasi. Kita perlu aplikasi manajer, yaitu root explorer. Aplikasi ini satu-satunya yang menurut Gue paling powerful untuk melakukan salin-tempel dengan otoritas root R/W. Arahkan folder ke /data/nvram/md/nvram/nvd_imei kemudian hapus file MP0B_001 yang berada di folder tersebut. Kemudian salin file yang sudah kita buat sebelumnya ke folder yang sama. Setelah itu reboot hp Anda.

root explorer

Hore!! Sekarang IMEI sudah muncul dan akhirnya ini hp bisa buat telepon, sms, dll. Ciao~

imei valid

Selamat mencoba dan semoga berhasil, guys!

PS: Mengganti IMEI yang tidak sesuai bawaan pabrik adalah termasuk dalam tindakan kejahatan yang berat.

6 thoughts on “Memperbaiki ‘Signal Lost’ & Ganti IMEI Lenovo S860

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *