Instalasi DD-WRT di Wireless Router TP-Link MR3420

Setelah beberapa hari capek bikin home lab server buat bangun VMware vSphere di rumah, sekarang waktunya oprek router lagi 😀

Tiada hari tanpa oprek-mengoprek.

Dulu Gue pernah punya Wireless Router (WR) merk TP-Link 3420, sempat pakai beberapa kali menggunakan koneksi internet usb modem, pindah ke pondok mertua indah juga dipakai juga di sana, hingga akhirnya berlabuh di etalase toko sendiri dan laku sama teman satu kuliahan.

Setelah terjual barulah Gue tahu ternyata ada cara supaya WR tipe tersebut dapat dimaksimalkan fungsinya sehingga bukan hanya menjadi router biasa, namun bahkan bisa “disulap” menjadi router yang memiliki banyak fitur kelas enterprise! Seperti SAMBA, OpenVPN, dll. Coba Anda bayangkan berapa juta yang harus kita habiskan apabila beli router yang memiliki banyak fungsi seperti itu ketimbang beli WR 3420 yang cuma ratusan ribu rupiah.

Benar-benar cost saving, kan?

Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa mendapatkan fitur-fitur enterprise tersebut? Caranya adalah menggunakan firmware DD-WRT. Ya, betul firmware tersebut sebenarnya adalah sistem operasi Linux yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat dibenamkan ke dalam router-router tertentu. Anda dapat lihat router yang kompatibel dengan DD-WRT di alamat ini. Apabila router Anda terdaftar maka bergembiralah Anda bahwa router yang Anda beli dengan harga murah dapat kita maksimalkan penggunaannya.

DD-WRT mengusung dua variasi kernel, open source & komersil. Kedua varian ini tidak terdapat pada setiap router, jadi ketika router Anda sudah terdaftar secara kompatibilitas, tidak serta merta dapat langsung menggunakan DD-WRT secara gratis. Ada juga yang perlu lisensi komersil untuk penggunaan professional.

Oke sekarang kita langsung saja ke prakteknya. Oh iya perlu diingat bahwa WR 3420 yang Gue gunakan adalah yang versi 1.x karena versi 2.x belum support menggunakan DD-WRT.

tp-link3420-spec

Langkah pertama dan paling kritikal adalah melakukan factory reset kemudian backup file. Ini langkah penting apabila di tengah jalan nanti kita mengalami gagal flashing minimal kita bisa melakukan roll back ke firmware bawaan si router. Caranya cukup mudah tinggal masuk ke web config router, pilih menu System Tools > Backup & Restore. Kemudian lakukan backup file ‘config.bin’ ke flash disk Anda.

Setelah itu unduh firmware DD-WRT sesuai dengan spesifikasi router Anda di sini. Selanjutnya apabila proses unduhan telah selesai masuk kembali ke web config dan masuk ke dalam menu firmware upgrade kemudian arahkan browse ke firmware DD-WRT.

tp-link3420-to-dd-wrt

Yang tidak kalah pentingnya adalah jangan pernah melakukan firmware upgrade melalui wireless karena dikhawatirkan koneksi akan terputus pada saat proses penyalinan firmware. So, gunakan media kabel ya.

Setelah proses upgrade selesai router akan melakukan restart otomatis. Tunggu proses restart membutuhkan waktu +-1 menit. Apabila berhasil seharusnya akan muncul web config DD-WRT seperti gambar di bawah ini.

tp-link3420-dd-wrt-web

Yeay, Anda baru saja berhasil melakukan flashing DD-WRT ke dalam router TP-LINK MR3420.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *