vSphere 5 – Desain dan Implementasi Lanjutan (Bagian Lima)

Sebelum baca artikel ini sebaiknya mampir dulu ke:

 

 

Lanjut ke materi berikutnya, yaitu praktek vMotion. Apa itu vMotion? vMotion adalah fitur VMware yang memungkinkan kita memindahkan VM dari satu server ke server lainnya tanpa terjadi downtime. Hebat nggak, tuh? Ini masih biasa, nanti ada lagi yang namanya HA (High Availability) atau bahkan Fault Tolerance(FT) untuk menjaga yang namanya zero downtime.

Sebenarnya fitur ini sangat bermanfaat untuk planned downtime server, dalam artian seperti ini, misal kita ingin melakukan perawatan atau melakukan upgrade hardware terhadap satu server yang di dalamnya terdapat VM yang kritikal alias nggak boleh mati, kita dapat memindahkannya ke server lainnya tanpa harus pusing mikirin downtime dari sisi user. Sedangkan kalau untuk unplanned downtime,  tetap yang sangat disarankan menggunakan fitur HA maupun FT.

Ok, langsung menuju ke praktek. Perlu dicatat bahwa yang Gue lakukan saat ini sebenarnya adalah storage vMotion, akan tetapi prinsipnya sama saja jika ingin memindahkan VM ke host yang lain.

Logika sederhananya adalah sbb:

vMotion -> pindah host

Storage vMotion -> pindah storage

Kondisi sebelumnya kita telah memiliki VM dan sudah melakukan konfigurasi iSCSI untuk shared storage. Oh iya shared storage adalah hal yang wajib, kudu, harus dimiliki dan digunakan pada saat nanti mengaktifkan fitur HA, FT, DRS dll. Oleh karena itu jika dalam implementasi sebenarnya, shared storage dianggap salah satu perangkat yang kritikal juga lho.

Masuk ke vCenter kemudian klik kanan pada VM yang mau kita pindahkan. Kemudian pilih migrate..

vmotion server a 1

Karena kita belum menggunakan shared storage, jadi kita belum dapat melakukan enhanced vMotion (vMotion host dan storage bersamaan).

vmotion server a

Kita pilih change datastore untuk memindahkan penyimpanan VM ke shared storage yang sudah kita buat sebelumnya via iSCSI adapter.

vmotion server a 2

Lalu kita pilih datastore-isci sehingga nanti storage VM akan dipindahkan kesana.

vmotion server a 3

Gambar di atas ada yang salah seharusnya Disk Storage pilih yang Thin Provisioning.

vmotion server a 4

Setelah ok, proses migrasi akan berjalan. Kita tinggal duduk manis sambil minum kopi dulu yuuk.. eit, sembari nunggu mari kita tes apakah benar tidak ada downtime pada saat proses pemindahan ini berlangsung?

vmotion server a 5

Seperti yang terlihat pada gambar di atas bahwa terdapat downtime.. tapi cuma 1 detik kok dan itu nggak bakal berasa di sisi user alias seamless. Kalau menggunakan hardware yang lebih bagus juga Gue jamin nggak akan ada downtime even itu cuma 1 detik pun! yakinlah, sumpehh..

vmotion server a 6

Well.. akhirnya sekarang VM dah pindah tempat menjadi di datastore-iscsi. Di artikel selanjutnya kita akan bahas mengenai clustering dan juga HA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *