Integrasi Google Apps ke Domain Eksternal

Sekarang ini semua serba Google. Mulai dari menggunakan mesin pencari di daring, bertanya tentang lokasi tempat kuliner favorit atau bahkan melihat citra satelit secara detail. Raksasa perangkat lunak yang memiliki sistem operasi Andorid ini menasbihkan dirinya sebagai cikal bakal tren IOT (Internet of Thing) di masa depan.

Selain itu Google juga memiliki layanan utama, yaitu sebagai email server untuk berkirim-terima surel. Mungkin sampai saat ini masih pilihan yang terbaik jika ingin menggunakan Google Mail sebagai email server yang sifatnya cloud. Lalau bagaimana caranya agar kita dapat menggunakan Google Mail sebagai email server di domain yang sudah kita beli di pihak ketiga? Mari kita simak caranya.

Pertama, kita harus sudah memiliki domain yang aktif. Terserah mau beli di mana yang penting kita bisa masuk ke dalam spanel/cpanel nya untuk melakukan konfigurasi DNS. Contohnya kita punya domain di Masterweb dan kita ingin menggunakan layanan email milik Google.

Setelah beli domain, sekarang waktunya mendaftarkan layanan di Google Apps. Pilih mulai uji coba gratis untuk mencoba layanan yang mereka tawarkan secara cuma-cuma dalam 30 hari ke depan. Isi kolom sesuai dengan identitas perusahaan Anda.

google-apps-signup

Pilih domain yang sudah Anda beli sebelumnya kemudian ketik nama domain tersebut.

google-apps-signup-2

Buat akun pertama Anda, biasanya akun ini digunakan sebagai admin untuk manajemen email user dan grup.

google-apps-signup-3

Berikutnya Anda akan dihadapkan kepada wisaya inisialisasi awal untuk membangun email bersama Google. Langkah pertama adalah membuat email untuk member Anda. Kali ini Gue akan membuat satu member saja. Jika ingin menambah jumlah member dapat juga dilakukan setelah selesai verifikasi domain.

google-apps-signup-5

Langkah selanjutnya adalah verifikasi domain untuk membuktikan bahwa kita adalah pemilik yang valid terhadap domain yang sudah kita beli sebelumnya di MasterWeb.

google-apps-signup-6

Ada 2 opsi untuk melakukan verifikasi domain, di antaranya adalah menyisipkan meta tag ke dalam homepage html atau bisa juga dengan menambahkan TXT ke dalam DNS domain kita.

Login ke spanel domain milik kita, kemudian pilih Domain > kelola subdomain > {nama domain} > kelola file. Pada file index.html pilih sunting lalu sisipkan meta tag ke dalam homepage html. Letakkan tepat di bawah <HEAD>

google-apps-signup-7

Langkah selanjutnya adalah mengatur MX (Mail Exchanger) domain agar mengarah ke Google MX. Jadi semua transaksi email akan di-handle oleh GMAIL.

Dari dashboard utama spanel, pilih Domain > Kelola domain dan DNS > {nama domain} > sunting DNS

Hapus semua MX yang ada di sana kemudian ganti dengan MX milik Google seperti gambar di bawah ini. Jangan lupa atur nilai preferensinya untuk menjaga HA (High Availability) apabila salah satu MX ada yang down.

google-apps-signup-11

Setelah langkah-langkah di atas selesai dilakukan maka sekarang kita tinggal menunggu proses verifikasi yang akan dilakukan oleh Google. Proses ini memakan waktu 5 hingga 60 menit tergantung propagasi antara MasterWeb dan Google.

google-apps-signup-15

Apabila proses verifikasi telah berhasil, maka akan muncul notifikasi bahwa proses alur email akan dirutekan menuju Gmail.

google-apps-signup-16

Di artikel selanjutnya kita akan bahas cara membuat aliases alamat untuk mulai menggunakan interface Gmail pada saat berkirim email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *