Mengatasi “Input Not Supported” Pada FIFA Online 3

Siapa yang nggak main game yang satu ini? Produk besutan Garena yang ber-genre olahraga sepak bola ini banyak digemari oleh gamer online setelah point blank tentunya. Nah, ceritanya tempo hari ada klien mengeluh kok tidak bisa main game tersebut padahal spesifikasi komputernya sudah lebih dari cukup. Akhirnya Gue coba menuju ke tkp untuk lihat langsung problemnya dan segera melakukan pengecekan.

Dari sisi spek sih sudah cukup, tapi memang monitor ukurannya hanya 15″ jadi kalau sudah mau mulai masuk game tiba-tiba muncul notifikasi di layar “Input not supported”. Aneh bin ajaib memang kok bisa seperti itu padahal komputer normal dan tidak ada yang hang.

Usut punya usut ternyata ada pengaturan yang harus diubah pada game tersebut. Sayangnya cara ini banyak tidak diketahui oleh gamer-gamer awam macem Gue ini :p

input not supported

Caranya mengatasinya sangatlah mudah, yaitu masuk ke folder game tersebut kemudian buka folder GameData\Apps\FO3ID dan cari file graphics.ini

graphics.ini

Lihat pada baris screen_width dan screen_height memiliki nilai 1920 dan 1080. Itu artinya resolusi yang digunakan pada saat game dimulai adalah resolusi fullHD!! Sedangkan monitor yang klien Gue punya cuma support sampai resolusi HD saja 1366 x768.

Mari kita ubah nilai tersebut menjadi sesuai dengan resolusi video aktual pada komputer. Cara mengetahui resolusi aktual tinggal klik kanan pada desktop kemudian pilih screen resolution.

screenres

Di situ terlihat bahwa resolusi yang direkomendasikan ialah 1366 x 768, oleh karena itu kita harus ganti nilai resolusi yang terdapat di file graphics.ini tadi menjadi 1366 x 768.

graphics.ini 2

Simpan perubahan tersebut kemudian coba jalankan kembali game FIFA Online 3. Nah, berhasil kan!? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *