Pada postingan sebelumnya kita sudah membahasa secara garis besar mengenai apa itu IP PBX dan beberapa keuntungan menggunakan solusi IP PBX ketimbang PBX analog. Nah, kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai fitur-fitur yang dimiliki oleh produk 3CX ini.

Pertama, 3CX bukan sekedar IP PBX biasa. 3CX menawarkan segala kemampuan yang ada pada PBX analog ditambah dengan fitur UC (Unified Communication) sekaligus video dan web conferencing yang tidak mungkin dapat ditemukan di produk lain dengan paket yang sama, bahkan dengan kompetitor sekaliber Cisco & Avaya.

Dengan menggunakan 3CX Anda dapat menghemat 80% tagihan telepon kantor, kenapa?

  1. SIP Trunk – rata-rata provider sudah menawarakan tarif flat untuk telepon baik lokal maupun telepon genggam dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan PSTN
  2. WebRTC – teknologi web dan video conference memungkinkan akses kantor tanpa batas sehingga tidak perlu repot untuk menggunakan panggilan PSTN atau internasional apabila sedang di luar negeri
  3. Softphone – bawa ekstensi telepon Anda kemanapun Anda pergi. Softphone dapat diinstal di telepon genggam menggunakan Android & IOS sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak dapat menerima telepon

Tidak hanya itu, fitur Chat dan Presence dapat membuat komunikasi antar karyawan lebih optimal dalam bekerja.

Dahulu komunikasi antara kantor pusat dan kantor cabang mahal karena masih menggunakan PSTN, sekarang tidak lagi jika menggunakan 3CX.

Belum lagi teknologi Fax2PDF yang memungkinkan menerima FAX tanpa harus repot datang mengambil kertas, melainkan tinggal diteruskan via email.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur andalan dari 3CX yang akan membuat Anda ingin mencobanya di kantor Anda!

Bahkan 3CX juga mampu digunakan sebagai aplikasi call centre yang memerlukan beberapa IVR dan terintegrasi dengan sistem CRM serta billing hotel. Ditambah dengan wallboard yang intuitive.

Platfrom 3CX mendukung dan kompatibel terhadap beberapa brand SIP phone terkenal seperti:

  1. Grandstream
  2. Fanvil
  3. Yealink
  4. Snom
  5. Cisco (limited)
  6. Avaya (limited)

Daftar lengkap SIP phone yang kompatibel dapat dilihat di sini: https://www.3cx.com/sip-phones/

Oke, di postingan selanjutnya kita akan membahas cara untuk menginstal sistem 3CX.