Sekarang zamannya Internet Mobile. Internet jenis yang satu ini tidak mengenal tempat dan waktu. Dimana dan kapan saja mottonya. Beragam cara dapat digunakan untuk terhubung dengan dunia maya, diantaranya mencari tempat-tempat yang berfasilitas Hotspot. Hotspot banyak ditemukan baik di kampus, di mal, bahkan di tempat restoran cepat saji-pun anda mendapati fasilitas hotspot. Namun tidak semua hotspot gratis. Ada yang berbayar pula, misalkan menggunakan voucher tertentu yang akan anda dapatkan apabila anda membeli barang di tempat yang berfasilitas hotspot tersebut. Cara selanjutnya untuk menggunakan Internet Mobile adalah dengan mengandalkan Modem USB 3G. Perangkat yang akhir-akhir ini sangat booming ini dapat dibanderol dengan harga berkisar 500rb~2jutaan, itupun belum termasuk biaya langganan provider. Nah daripada beli modem 3G yang segitu mahalnya, kenapa ngga memaksimalkan perangkat yang ada?

Tips ini merupakan cara menggunakan handset w960/i sebagai sebuah modem 3G.

Hal yang diperlukan antara lain:

  1. Henpon tercinta, w960i
  2. Kabel data
  3. Komputer/Laptop
  4. Pulsa

Membuat Koneksi

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyambungkan kabel data ke w960 sebelum menghubungkannya ke komputer/laptop. Kemudian pada henpon pilih Normal Mode. Jalankan aplikasi Sony Ericsson PCSuite dilanjutkan dengan memilih Mobile Networking Wizard.

W960 connected

Mobile Networking Wizard

Karena belum ada jenis koneksi, maka kita harus membuat koneksi baru (gue pake Indosat-GPRS). Untuk membuat koneksi baru, pilih New Connection -> pilih Packet Switched Data (GPRS/3G)

Wisaya 1

Kemudian akan ditentukan port berapa yang akan digunakan untuk Modem tersebut. Pilih pada Sony Ericsson W960 USB Modem.

Wisaya 2

Kemudian isi pada kolom Connection name dengan nama koneksi anda, misalkan IM-three.

Wisaya 3

Setelah itu sistem akan menampilkan wisaya untuk menentukan ISP yang akan anda gunakan untuk koneksi internet. Karena gue menggunakan Indosat M3, maka gue pilih ID IM3 dan gue pilih Automatic Mode. Kemudian Finish dan pengaturan ISP akan disimpan ke dalam henpon.

ps: jika muncul pesan eror “Your connection requires a data account in the mobile phone” maka anda harus mematikan koneksi GPRS yang masih aktif pada henpon tersebut atau gunakan fitur Manual Mode pada pilihan jenis koneksi dan pengaturan akan diambil dari setting GPRS pada henpon tsb.

Memulai Koneksi Internet

Setelah menyelesaikan setting jaringan barulah kita dapat melakukan koneksi internet. Caranya adalah sbb; Jalankan PCSuite kemudian Pilih Mobile Networking Wizard. Kemudian pilih jenis koneksi yang akan digunakan untuk ber-internet (yang tadi sudah dibuat), pilih connect.

Connected

Jika sudah connected, maka anda sudah mulai dapat ber-internet ria. Semoga tips ini bermanfaat buat para Mooi-ers.

Tags: , ,