Siapa yang ngga kenal sama yang namanya remote (baca: remot)? Perangkat ber-inframerah yang membantu manusia biar jadi males kesana kemari buat mengatur entah itu yang namanya channel atau sekedar membesarkan dan mengecilkan suara perangkat elektroniknya. Hampir setiap perangkat elektronik dilengkapi yang namanya remot, mulai dari televisi, radio, Ac, bahkan kipas anginpun udah ada yang pake remot.

S556600remotecontrolfor

Jenis-jenis remot

Nah, pengalaman untuk membetulkan remot ini bermula dari kerusakan remot tipi (baca: televisi) dirumah gue. Semenjak sering jatuh, dijatuhin atau apalah namanya itu yg membuat si remot jadi ngga sadarkan diri (gak bisa beroperari seperti biasanya), gue mencari cara supaya si remot bisa sadar dari anfal-nya. Well, pekerjaan dimulai dari mencari tahu apakah si remot bener2 rusak atau dia cuma ngibulin gue (bisa gitu, ya?). Gue ambil kamera hape gue terus gue arahin ke si remot sambil gue pijit2 tuh tombolnya.

DSC00189

(Lihat inframerahnya, kalo nyala berarti si remot dalam kondisi sehat wal’afiat)

Wow, si remot ternyata masih gak sadar :nohope:

Akhirnya gue putuskan buat menelanjangi si remot. Pelan-pelan gue buka mulai dari bagian belakangnya dulu baru kemudian gue lucuti semua pakaiannya. Kemudian pada bagian papan-sirkuitnya gue lumuri dengan thinner. Bisa juga pake contact cleaner, cairan buat nyuci kontak lens itu loh. Kemudian gue gosok-gosok deh sampe mengkilap dan kelihatan baru lagi, hohoho. Nah buat karet tombol gue mandiin wajib aja pake keramas segala biar kinclong. Setelah itu jangan lupa dijemur sampe kering ya.

Setelah semua prosesi memandikan mayat dan mengakafaninya, sekarang waktunya memasang kembali perangkat tersebut. Nb: jangan lupa dipakein bedak ya plus minyak wangi biar maknyuss.

Waktunya pengetesan lagi;

DSC00188

Wow, si remot ternyata sudah sadar dari anfalnya :shakehand:

 

That’s it, semoga trik yang teramat sederhana ini dapat membantu kalian semua yang sedang tersesat dalam kebatilan.