Sebenernya udah lama banget pengen posting artikel ini tapi lupa melulu. Berhubung sekarang lagi inget, jadi ya gue coba tulis deh.

Permasalahan kenapa gue posting artikel seperti ini adalah DVD player yang gue punya nggak bisa menampilkan teks percakapan (subtitle) yang terpisah dengan filmnya. Setelah searching sana-sini kebanyakan tutorial yang ditawarkan susah buat dilakukan plus butuh addons yang banyak pula.

Bagi kalian yang ingin menggabungkan antara subtitle dengan file movie (film) gue sarankan untuk menggunakan AVI Recomp. Selain gratis, mudah dikonfigurasi, interface-nya juga user friendly alias ga ribet banget. Addons yang sudah bundle dengan software tersebut membuat kita tidak perlu repot searching lagi (VirtualDUB, VOBsub, AviSynth). Namun supported file untuk penggabungannya hanya file movie berekstensi .Avi saja.

Addons

Langsung saja kita coba menggabungkan sebuah film dengan subtitle-nya;

1. Pertama kita siapkan dulu file movie beserta subtitle nya,  kemudian jalankan aplikasi AVI Recomp 1.51

2. Akan tampil sebuah menu utama seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Main menu

Klik Open AVI untuk menentukan file movie yang akan di gabungkan dan Save AVI untuk menentukan lokasi output penggabungan.

3. Pindah ke Tab Additions; disini kita akan menentukan subtitle yang akan disisipkan pada file movie.

Additions

Centang pada pilihan Subtitles, kemudian klik Load subtitles untuk menentukan file subtitle yang akan digabungkan.

4. Untuk Tab Setting tidak akan dibahas karena kita hanya menggunakan software ini untuk penggabungan saja. Loncat ke Tab Queue, klik pada Add to queue untuk memasukkan job list yang telah kita buat.

Queue

Jika sudah terdaftar pada job list maka kita bisa memulai penggabungan. Klik Start untuk memulainya.

Semoga berhasil ya

PS:Durasi yang diperlukan untuk penggabungan bergantung pada spesifikasi komputer tersebut. Makin tinggi speknya, makin cepat pula hasil yang akan diperoleh.