Ha.. setelah muter-muter sampe keliyengan di BCP buat nyari modem, akhirnya gue tiba di Grapari Telkomsel. Yap, akhirnya gue memutuskan buat pake usb modem telkomsel flash. Beberapa hal yang jadi pertimbangan gue buat beli modem ini antara lain adalah;

  1. Jaringan yang paling luas se-Indonesia
  2. Layanan penjualan dan purnajual hampir ada di tiap daerah, bahkan daerah terpencil sekalipun
  3. Promo internet yang tidak kalah menarik dari provider lainnya

Meskipun dengan keunggulan diatas, tidak menutup kemungkinan bahwa layanan yang ditawarkan tidak berbanding lurus dengan kenyataannya. So, pintarlah untuk memilih layanan tersebut.

Brosur

Tak lama masuk ke dalam Grapari, gue diajak untuk melihat produk yang dijual disini. Dari jualan kartu perdana hingga handset dan modem menjadikan Grapari menjadi salah satu tempat strategis untuk menjual produk-produk baik itu murni buatan telkomsel maupun buatan dari pihak ketiga, namun dengan bundling telkomsel). Setelah lama melihat dan mencoba untuk compare produk usb modem satu dengan yang lainnya sembari sesekali nanya sama si pegawai, finally gue memutuskan untuk membeli modem SpeedUP SU-9500U besutan MLW. Modem ini dibanderol dengan harga spesial 899ribu dengan bonus promo 6 bulan internet gratis sebesar 300MB/bulan.

 

Berikut adalah spesifikasi teknis modem SpeedUP SU-9500U beserta sedikit penjelasan dari gue;

Deskripsi produk

  • Qualcomm Chipset: MSM6290 -> Chipset yang paling kokoh dan stabil saat ini
  • HSPA/UMTS Bands: 2100 MHz -> Mendukung jaringan HSDPA
  • EDGE/GPRS/GSM Bands: 1900/1800/900/850 MHz -> Dapat juga digunakan pada mode GPRS/EDGE dan GSM (untuk telepon) 

Kecepatan Data

  • HSDPA up to 7.2 Mbps DL(*) -> Mampu mendownload hingga 7.2 Mbps!
  • HSUPA up to 5.76 Mbps UL (*) -> Mampu meng-upload hingga 5.76 Mbps!
  • UMTS up to 384 Kbps DL and up to 384 Kbps UL(*) -> 3G hingga 384Kbps!
  • EDGE up to 237 Kbps DL and up to 118 Kbps UL(*) -> Transfer data hingga 237 Kbps
  • GPRS up to 85.6 Kbps DL and up to 42.5 Kbps UL(*) -> Transfer data hingga 85.6 Kbps
  • Additional Support: Phonebook, SMS (group SMS), Voice Call and USSD Info -> Mampu menyimpan nomor hp, menerima dan mengirim SMS, Telepon! dan Mengecek info dengan kombinasi simbol * dan #

Mekanik

  • Cap less (nambahin sendiri dengan maksa) -> tanpa tutup kepala USB
  • Hinge Rotate -> kepala USB yang dapat diputar hingga 270 derajat
  • USB 2.0 Slot -> menggunakan slot USB 2.0
  • 79 mm (D) x 25 mm (W) x 11.8 mm (H) -> dimensi perangkat
  • about 30 gr (Weight) -> berat perangkat

Aksesoris bawaan

  • Quick Users Guide and Warranty Card -> petunjuk penggunaan dan kartu garansi
  • USB Cable -> kabel USB untuk perpanjangan

Sistem operasi

  • Mendukung sistem operasi Windows 7/Vista/XP/2000/MacOS Tiger/Leopard/Snow Leopard (Intel Platform)

Kebutuhan untuk Laptop / PC

  • USB Slots: USB 2.0 Slot
  • Communication Ports: Available
  • I/O Resources: IRQ, 32 bytes I/O space
  • Memory: 256MB
  • Disk Space: 100MB

External Storage Slot: support microSD up to 16 GB -> mendukung hingga 16GB microSD
Antenna: Internal Antenna (Diversity Antenna) -> menggunakan antena internal
Power Consumption: 5V -> membutuhkan daya 5V menggunakan USB port
Operation Temperature: -10oC to 55oC -> mampu bekerja pada suhu -10 s/d 55 derajat celcius
Network Protocol Support: TCP/IP, PPP, and VPN
Plug and Play installation (zero-CD) -> tancap dan mainkan, instalasi tanpa menggunakan CD tambahan
Certified License: Microsoft WHQL certified, CE, POSTEL -> bersertifikasi WHQL dari Microsoft dan POSTEL sehingga sudah terjamin kualitasnya

Berat dengan packaging: 0.40 kg
Ukuran Packaging: 14×2.5×19.5
Merek & Garansi: Speedup w/ 3 Years Warranty

DSC00304Segi penampilan: Kesan pertama melihat modem ini memang biasa saja seperti pada modem2 besutan telkomsel lainnya yaitu sebagian berbahan dasar plastik dan dilabeli dengan logo “TELKOMSEL FLASH”. Namun pada modem SU-9500U terdapat sedikit keunikan, yakni fitur hinge rotate dan cap less. Fitur cap less diyakini menjadi keunggulan sendiri karena user tidak perlu khawatir kehilangan tutup kepala USB karena modem ini memang tidak menyediakannya. Kemudian fitur hinge rotete yang  membuat modem bisa diputar hingga 270 derajat. Nah kalo ditanya fungsinya ya gue juga ga bisa jelasin. Tapi kayaknya sih cuma buat penambah nilai estetika aja sih (Bosen kan dari dulu yang namanya USB modem selalu model ‘tiduran’. SU9500U mampu ‘berdiri’ dan bisa diputer2).

DSC00295Segi perlengkapan dan aksesoris: Dari paket penjualan didapatkan dus (iyalah), buku petunjuk penggunaan (berbahasa inggris dan indonesia), kabel usb, kartu garansi selama 3 tahun (spareparts satu tahun) dan kartu perdana telkomsel flash dengan bonus 200 SMS dan 5MB paket data.

CallSegi fitur: Modem SU9500U merupakan USB modem MLW pertama yang mengusung teknologi Voice Call sehingga user dapat melakukan panggilan telepon. Berbeda dengan produk USB modem merek lainnya, khusus untuk modem ini tidak membutuhkan handsfree, melainkan hanya mic dan speaker (kalo laptop sudah built-in). Antarmuka untuk dial-nya pun sangat user friendly. Kemudian untuk fitur lainnya diantara lain adalah sbb;

  • Phonebook -> menyimpan nomor telepon
  • SMS -> menerima dan mengirim sms
  • Quota viewer -> untuk melihat penggunaan quota sehingga pengguna tidak perlu kuatir melewati batas pemakaian
  • USSD -> mengakses menu informasi yang menggunakan kombinasi nomor dengan * atau #

Segi kemampuan: Nah kalo untuk segmen ini merupakan review yang subjektif, yang artinya hasil yang didapatkan merupakan murni pengalaman gue di rumah sendiri. Hasil yang barvariasi akan didapatkan tergantung dari lokasi, jauh dekatnya BTS, kuantitas user sesama pengguna data dan cuaca. Jadi, hasil performance yang gue lakukan tidak bisa dijadikan acuan sebagai hasil yang maksimal maupun minimal. Camkan! oalah..

Tes kemampuan pertama gue lakukan pada hari kedua setelah gue beli modem ini (hari pertama belom sempet buka soalnya), yaitu pada tgl 26/7/10 pukul 12:53 AM. Cakupan sinyal HSDPA yang tertangkap oleh modem gue hanya 2–3 bar saja. Kemudian gue coba melakukan ping koneksi ke situs speedtest.net

Main Menu

Speedtest_Flash

Dari hasil diatas dapat dilihat bahwa kecepatan untuk mengunduh (download) sebesar 0.37 Mb/s atau 370 Kbps. Kemudian untuk mengunggah didapatkan hasil 0.35 Mb/s atau 350 Kbps. Jika ketentuannya 1 Byte = 8 Bit, maka jika kita mengunduh sebuah file musik berukuran 5MB hanya diperlukan waktu < 2 menit dengan rata-rata kecepatan 46,25 KB/s. Sedangkan untuk mengunggah hampir demikian sama berkisar 45–47KB/s karena perbandingan antara Upload dan Download adalah 1:1.

Speedtest_Flash_2

Seminggu kemudian gue coba melakukan tes koneksi lagi untuk meyakinkan bahwa tidak ada penurunan kualitas. Nyatanya, hasil yang diperoleh tidak terjadi perubahan yang signifikan. Hanya pada kecepatan upload-nya saja yang sedikit berkurang.

Kesimpulannya dengan kecepatan seperti diatas bagi gue sudah lebih dari cukup karena pemakaian gue hanya sekedar browsing dan mengunduh/mengunggah file2 kecil saja. Namun bagi anda yang senang untuk streaming video atau lagu dan suka mendownload film disarankan untuk menggunakan layanan Dedicated Line/ADSL. Atau jika anda tetap memaksa untuk menggunakan USB modem, cobalah untuk membandingkan beberapa provider dengan cara menguji cakupan sinyalnya pada daerah tempat anda tinggal terlebih dahulu. Akan lebih baik jika daerah anda sudah terkafer oleh sinyal HSDPA, syukur2 sinyalnya sangat bagus.

Demikian review amatir yang telah gue coba lakukan. Dan semoga artikel ini bisa menjadi salah satu referensi anda untuk membeli produk USB modem.