Halo kawan.. lama tak jumpa ya..

Sekarang udah jarang banget posting nih..

Lagi sibuk2nya ngurusin ‘sesuatu’ yang sakral sih

Semoga nanti acaranya sukses, amin..

Sekarang ogut (baca: saya) mau berbagi ilmu, khususnya ilmu di bidang Per-Android-an *halah*. Dunia robot hijau semakin kesini semakin banyak digunakan baik di kalangan consumer maupun developer. Bukan tidak mungkin keberadaan produk OS besutan Google ini bakal menyaingi atau bahkan menembus kedigdayaan Apple dengan IOS-nya.

Oke, sekarang langsung ke topik utama. Ogut akan berbagi pengetahuan yaitu tentang bagaimana cara sharing koneksi internet dari ponsel  ke PC (personal computer).

Gadget yang ogut pake disini adalah HTC Desire a.k.a Bravo. Spesifikasi secara lengkap bisa dilihat di sini. OS yang digunakan adalah CyanogenMod 7.1.0 dengan provider IM3 dan menggunakan kabel data (bukan via bluetooth/wifi).

Untuk dapat berbagi koneksi internet via ponsel Andorid maka Anda harus mendaftar Paket Internet terlebih dahulu supaya tarif yang dikenakan nanti tidak begitu mahal. Jika Anda tidak mendaftarkan Paket Internet, maka yang dikenakan adalah tarif normal GPRS. Ogut anggap Anda sudah mengerti cara untuk mendaftarkan Paket Internet sesuai dengan provider Anda masing-masing.

Setelah Anda mendaftarkan Paket Internet silahkan mencoba untuk membuka suatu alamat website melalui browser di ponsel Anda. Jika sudah bisa mengakses Internet, maka Anda sudah dapat melakukan sharing internet via ponsel Android ke PC.

Caranya sbb;

  1. Install device driver / Android phone driver bawaan dari CD/DVD ponsel (misal HTC Sync)
  2. Koneksikan ponsel Android ke PC via kabel
  3. Masuk Menu, pilih Wireless & network
  4. Pilih Tethering & portable hotspot
  5. Pilih USB tethering lalu centang hingga muncul ‘tethered’

ScreenShot001

Screenshot-1334628345250 Screenshot-1334628359533 Screenshot-1334628373820 Screenshot-1334628416211

Screenshot-1334628478059

Jika statusnya sudah ‘Tethered’ itu berarti komputer Anda sudah dapat menggunakan koneksi internet via ponsel Android.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam.