Trik Mengatasi “No Fax Detected” Printer HP M1212nf MFP Saat Menerima Fax Dari Phone Banking BCA

“Mas.. tidak bisa nerima fax nih,” ucap seseorang di ujung sana. Gue yang sedang serius membuat laporan langsung kehilangan konsentrasi lebay. Beberapa minggu ini gue disibukkan oleh laporan hasil kerja dari luar daerah dan ditambah dengan dateline project yang meleset dengan target.

Loh kok jadi malah curhat?

Oke oke kembali ke topik permasalahan.

Nggak lama muncul masalah yang serupa tapi tak sama halah. Tidak bisa nerima fax, tapi khusus nerima fax dari Phone Banking BCA. Fax selain itu dapat diterima dengan baik. Ada apa ini? Apakah ada teknologi baru dari pihak BCA sehingga menyebabkan fax di sini tidak bisa menerima data atau memang fax di sini yang bermasalah?

Fax yang digunakan di kantor gue adalah HP M1212nf MFP. MFP yang artinya Multifunction Printer. Produk yang didesain untuk dijadikan printer namun ditambah dengan fungsi scan dan fax. Gue nggak tau kenapa sekarang zamannya yang all-in-one semua sih? Justru produk yang bagus adalah produk yang benar dibuat untuk satu fungsi khusus. Tidak untuk yang lainnya. Tapi ya berhubung ini inventaris kantor, apa boleh buat. Kita lakukan saja yang terbaik untuk mengoptimalkan yang ada. Meskipun bukan untuk menjadikan sebuah kemudahan.

Padahal teknologi diciptakan untuk memudahkan umat manusia, bukan malah menyusahkan.

Eh, curhat lagi deh :p

So, setelah sedikit melihat settingan yang ada pada MFP tersebut, sepertinya tidak ada yang aneh. Semua settingan sudah sesuai dengan kebutuhan. Tapi kenapa tetap tidak bisa menerima fax dari Phone Banking BCA ya?

Lari ke opah google…

Selidik punya selidik #1, ada beberapa forum yang menyarankan untuk mengeset speed pada fax menjadi medium karena ada kemungkinan kecepatan fax dari BCA tidak sama dengan kecepatan fax pada umumnya.

Tidak pakai lama langsung gue set ke medium kecepatan fax-nya dan langsung dites. Hasilnya: ora bisa.

Selidik punya selidik #2, ada juga yang menyarankan untuk upgrade firmware fax. Memang sih setelah gue cek firmware-nya sudah lawas. Well, langsung aja gue unduh firmware terbaru dan gue tanam di mesin fax tersebut plus langsung dites. Hasilnya: Nihil maning.

Hmm.. sepertinya kalo ini sih masalahnya bukan ada pada fax deh. Kecurigaan mulai berpindah ke mesin PABX. Settingan Phone Ekstension untuk fax menjadi target pengecekan utama. Namun setelah dicek sepertinya tidak ada yang salah. Mesin PABX pun gue restart untuk memastikan bahwa tidak ada yang error pada mesin tersebut. Toh pada akhirnya merasakan hasil yang sama: masih gagal menerima fax.

“Waduh, sepertinya stok solusinya sudah mulai habis nih,” ucap gue kepada karyawan si empunya fax. Dia pun garuk-garuk kepala dan berujar, ” Yah, gimana nih mas kerjaan saya jadi pending banyak banget.”

Derita lo bro. Itu derita lo. Hehehe.

Oke, setelah melalui proses yang sangat lama dan sangat menegangkan *tolong jaga pikiran Anda ya*. Akhirnya ditemukan solusinya oleh si empunya fax tersebut. Entah ada angin darimana atau kesambet setan apa, dia melakukan perubahan pada option Rings to Answer yang default-nya bernilai 5 menjadi 3. That’s it and its works!

Menurut manual MFP tersebut fitur Rings to Answer digunakan untuk menentukan jumlah bunyi dering modem mesin fax sebelum data dikonversi manjadi sebuah fax dan dicetak. Ada kemungkinan kekuatan sinyal data fax yang dikirimkan oleh Phone Banking BCA sangat kecil sehingga pada beberapa mesin fax harus diatur lama penerimaan data tersebut sebelum dikonversi menjadi sebuah fax.

Tutorial ini tidak terbatas hanya dapat diterapkan pada satu model fax. Untuk model fax lain mungkin nama option untuk mengeset durasi fax akan berbeda.

*posted with WordPress for Android

7 thoughts on “Trik Mengatasi “No Fax Detected” Printer HP M1212nf MFP Saat Menerima Fax Dari Phone Banking BCA

          1. waktu test jalain tes fax nya berhasil semua mas, dial keluar juga gak ada masalah. posisi sekarang port kabel Line Teleponya saya taroh di bawah yang logo telepon, Port logo rj11 saya taroh pesawat telepon disini bisa conecting tetapi no fac detect terus, nah kalau saya taroh sesuai petunjuk manual Line Telepon di port logo rj 11, Pesawat Telepon di Logo Telepon setiap ada perintah tekan tombol start dari bca waktu saya tekan selalu keluar tulisan kirim dari kaca.
            uda berapa kali saya balikin ke default setting sama juga.
            kira’ dimana lagi ya mas salahnya ?

  1. Wah maaf nih mas baru sempet buka lagi 😀 uda saya cobain satu” mas dari slow sampai ke high ring nya 1-6. tetep aja masih gak bisa (No fac Detected) ini posisinya kabel dari telkom saya colokin di logo telepon, dan logo rj 11 saya colokin telepon, saya lakukan pengujian di fax nada deringya gagal kalo lagi posisi gini.

    jadi saya balikin kabel telkom colok ke rj 11 , dan logo telepon saya colokin telepon saya tes pengujian fax semua berhasil gak ada error. tapi tiap saya coba pake bca by phone waktu di suruh tekan tombol start selalu keluar send from glass.

    kira” dimana lagi yang harus di setting ya mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *