Good Bye Google Talk, Welcome Google Hangout

Setelah hampir sepuluh tahun lebih menjadi tulang punggung aplikasi komunikasi, akhirnya layanan Google Talk Pebruari kemarin tutup usia. Padahal aplikasi chat ini menurut Gue adalah tergolong yang paling ringan di samping tidak ada iklan sama sekali. Entah mengapa Google bukannya membangun supaya aplikasi ini tetap hidup eh malah membuat aplikasi baru bernama Google Hangout. Memang sih fitur yang ada pada Google Hangout jauh lebih hebat; all-in-one chat instant messanging: data, voice & video membuat produk ini dianggap layak menggantikan posisi Google Talk. Selain itu perubahan jenis protokol yang digunakan (TCP) membuat user tidak perlu kuatir apabila ada kerusakan atau kebuntuan pada saat data dikirimkan karena akan secara otomatis akan dikirim ulang (3-way handshake). Beda dengan former Google Talk yang menggunakan UDP sehingga sering mengalami loss data karena tidak ada proses seperti itu. Jadi kadang kalo Gue lagi chatting sama user suka nggak nyambung alias miskomunikasi karena ada beberapa chat yang loss (efek dari UDP tadi).

Google Hangout memiliki beberapa fitur baru, di antara lain:

  1. GUI baru yang lebih fresh dan interaktif (disertai 850 emoji) serta berjalan di background process ataupun floating
  2. Dukungan group chat
  3. Dukungan SMS (beberapa negara membebankan biaya sms ke penerima) dan Google Voice (perlu handset)
  4. Video Call up to 10 users

Sudah cukup lengkap, kan? tapi sayangnya setelah Gue coba migrasi ke Google Hangout ternyata aplikasi messaging ini termasuk yang boros resources RAM. Sekali buka Hnagout, ada tiga atau empat aplikasi Chrome yang terdaftar pada Task Manager dengan penggunaan ram variatif dari 32MB~100MB per aplikasi.

taskmgr_hangout

WOW, bukan!?

Kalau RAM kalian hanya 1GB dan memakai sistem operasi Windows 7 maka dapat dipastikan jika menggunakan Hangout PC Anda akan keteteran. By default saja alokasi untuk Windows 7 sudah 500~600MB, nah jika plus Hangout ya pasti collapse deh, hehe

Langkah-langkah agar Anda dapat menggunakan Hangout cukup mudah, hanya tinggal mengaktifkan fitur Google Plus, lengkapi biodata dan kelola grup pertemanan Anda.

plus_hangout

Ada dua cara menginstal Hangout, pertama berupa aplikasi. Yang kedua berupa ekstensi. Mari kita bahas lebih lanjut. Sebelum dapat menginstal Hangout, Anda WAJIB menginstal Google Chrome karena Hangout hanya dapat jalan di atas ChromeOS. Setelah berhasil menginstal Chrome, buka kemudian pilih ikon tiga garis yang ada di bagian pojok kanan lalu pilih More tools.. -> Extensions -> More extensions

extensions_hangout

Halaman Chrome Web Store akan muncul. Kemudian ketik ‘Hangout’ pada kolom apl (aplikasi), enter kemudian akan muncul pilihan Hangout APL. Klik tombol + untuk melakukan instalasi Hangout.

apl_hangoutApabila berhasil maka akan muncul ‘Chrome App Launcher’ pada desktop dan tasbar komputer Anda. Kemudian pilih ikon Hangout untuk melakukan instalasi aplikasinya.

launcher_hangoutNah, jika sukses, floating dock Hangout akan muncul di sebelah kanan desktop Anda.

floating_hangoutCara kedua adalah menginstal Hangout versi Extension. Secara penggunaan RAM memang tidak terlalu signifikan perbedaannya namun paling tidak bisa mengurangi beban PC dengan RAM yang kecil.

Masih melakukan hal yang sama menuju Chrome Web Store, namun kita pilih kolom Extension dan ketik Hangout. Kemudian klik tombol plus untuk menambahkan extension ke dalam Google Chrome.

extensions1_hangoutApabila sukses maka jika kita buka Google Chrome, maka secara otomatis extension Hangout juga terbuka. Berikut penampakannya.

tryext_hangoutSelamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there, welcome to my personal blog. Hope you enjoy visiting here. If you’d like to get in touch with me for either commercial and training purpose, feel free to reach my contact page. Cheers!