Hapus Paksa ‘Print Jobs’ yang Membandel

Terkadang Kita mendapati suatu kejadian yang membuat kesal hati. Ketika mau mencetak dokumen yang ditunggu bos, si printer malah ngadat bin macet. Walhasil dapat ceramah ala ustadz deh jadinya.

Memang beberapa permasalahan bisa diatasi dengan memati-hidupkan printer, reinstall driver printer bahkan kalau perlu reinstall OS-nya. Tapi sebeneranya ada cara ampuh ketika mengalami printer ngadat karena ada job yang stuck meski sudah dihapus paksa.

ScreenShot222

Contoh di atas adalah sebuah permasalahan print job yang masih exist meskipun sudah di-cancel maupun dihapus secara paksa. Masalah ini mengakibatkan efek domino yaitu proses mencetak akan menjadi stuck sehingga dokumen selanjutnya akan menjadi pending untuk dicetak.

Searching punya searching.. solusi untuk menghapus paksa adalah dengan cara sbb;

1. Masuk ke Control Panel –> System and Security –> Administrative tools –> Services

2. Pilih Services –> Print Spooler –> Matikan service tersebut

ScreenShot223

3. Setelah itu masuk ke folder C:WINDOWSSystem32spoolPRINTERS dan lihat file dengan modified date yang sama dengan Submitted date pada Job Print

ScreenShot224

4. Setelah itu nyalakan kembali service Print Spooler-nya

5. Lihat apakah Job Print yang bandel tersebut masih tampak? Jika tidak Anda dapat mencoba memulai untuk mencetak dokumen

That’s it.

Semoga bermanfaat.

Feature image source : pcworld.com

One thought on “Hapus Paksa ‘Print Jobs’ yang Membandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there, welcome to my personal blog. Hope you enjoy visiting here. If you’d like to get in touch with me for either commercial and training purpose, feel free to reach my contact page. Cheers!