Manfaat Ganja

Tentang ganja

Ganja atau cannabis sativa merupakan tanaman semusim yang mudah tumbuh tanpa memerlukan pemeliharaan istimewa. Tanaman ini tumbuh pada daerah beriklim sedang. Pohonnya cukup rimbun dan tumbuh subur di daerah tropis.

Ia ditanam dan dapat tumbuh secara liar di semak belukar. Salah satu ciri utamanya adalah daunnyayang berbentuk runcing dan berjari-jari ganjil (5, 7 atau 9).Nama samaran ganja banyak sekali, misalnya indian hemp, rumput, barang, daun hijau, bangli, bunga, ikat, labang, jayus, jum, grass, pot, reefer. Anak-anak ibukota menyebutnya gele ((gelek) atau cimeng. Di kalangan pecandu disebut grass, marihuana, Mary Jane atau MJ, has atau hashish.

Berbagai manfaat

Penelitian mutakhir tentang ganja menghasilkan kesimpulan, dari batang dan akarnya dapat diperoleh serat yang kuat, daunnya dapat digunakan untuk membuat obat, sementara dari bunga dan bijinya dapat diperoleh bahan bakar minyak (BBM) untuk mobil kelas atas.

Serat ganja, baik yang halus maupun kasar semua dapat dimanfaatkan. Dari serat yang halus dapat dibuat kain yang sangat halus (sebagaimana sutra), sementara yang kasar digunakan untuk membuat tali dan pakaian yang sangat kuat untuk kepentingan pakaian nelayan maupun buruh pabrik, juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk campuran komponen material yang membutuhkan serat. Ini berarti alternatif lain di samping fiberglass.

Secara medis, ganja banyak digunakan untuk mengobati glaucoma, dan terbukti efektif untuk mengobati depresi, hilangnya nafsu makan, tekanan darah tinggi, kecemasan, migraine, dan berbagai problem menstruasi. Demikian tulis William Glenn Steiner dalam Encyclopaedia Britannica, Edisi 2007.

Bahkan BNN (Badan Narkotika Nasional) pun berencana/mengajukan untuk melegalkan ganja “untuk diteliti lebih lanjut” manfaat2 lainnya…

Kalo manfaat nya lebih banyak drpd tidak bermanfaat nya kenapa tidak di legalkan saja dengan pengawasan yg ketat?

disadur dari: www.kaskus.us

24 thoughts on “Manfaat Ganja

  1. setuju….
    terkadang kita cenderung munafik dan naif… dengan alasan ganja adalah narkotika, maka kita dengan entengnya mengatakan bahwa ganja adalah tanaman terkutuk dan tidak layak untuk hidup. Dengan gagah berani laskar hukum memberantas ganja tanpa tedeng aling2. Tapi kita tidak pernah melihat manfaatnya…
    Kalo cuma ditinjau dari sisi buruk maka saya hanya dapat mengatakan betapa naif dan dangkalnya pengetahuan orang yang mengatakan hal tersebut. Menurut hemat saya, Ganja dapat di analogikan sebuah pisau… kalo digunakan untuk membunuh atau merampok atau tindak kriminal lainnya, maka pisau adalah barang yang berbahaya. Akan tetapi apabila pisau digunakan untuk keperluan rumah tangga, survival atau kegiatan positive lainnya maka pisau adalah barang yang sangat dibutuhkan… Pernahkah terbayang dibenak anda apabila didunia ini tidak ada pisau atau dilarang?
    Demikian pula dalam kasus pemanfaatn ganja ini. Berapa banyak hutan yang dapat kita selamatkan dari penebangan yang legal maupun illegal hanya dengan alasan sebagai bahan baku kertas? ditinjau dari tingkat bahayanya tidak kalah dari dampak yang ditimbulkan oleh narkotika…. sama-sama pembunuh massal.
    Menurut saya, intinya adalah bagaimana mekanisme pengelolaan tanaman ganja. ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai contoh :
    a. Penggunaan varietas bibit ganja dengan kadar THC rendah.
    b. Melegalkan ganja sebagai komoditi dan membolehkan mobilasasi ganja hanya untuk keperluan industri. Apabila tertangkap tangan menggunakan ganja diluar dari hal tersebut diatas maka ancaman hukumandiperberat 5 kali lipat (atau lebih) dari yang tertera didalam undang2 dengan harapan memberikan efek deterrent bagi pemakai.

    Saya tidak akan menguraikan panjang lebar tentang ganja pada halaman ini. Namun saya mendorong rekan-rekan yang membaca tulisan ini untuk membuka mata hati dan mengatakan yang sejujurnya tentang ganja.
    Saya juga membutuhkan komentar, kritik dan saran rekan-rekan tentang permasalahan ini. Mohon kiranya rekan-rekan berkenan mengirimkannya ke alamat email saya securepaq@yahoo.co.id
    Regards

    Fuad

  2. Saya sangat setuju dengan pendapat yang mas Fuad beberkan, pada dasarnya tumbuhan ini memiliki banyak kelebihan, meskipun ada beberapa sisi negatif atau dampak yang dapat dirasakan oleh para penggunanya. anda dapat melihat di forum ini http://kaskus.us/showthread.php?t=1214513 bahwa diluar negeri sana banyak petani ganja yang dapat diayomi dengan baik oleh pemerintah setempat (hasil dari perkebunan untuk bahan penelitian, tidak untuk dikonsumsi secara massal). sedangkan di negara kita ini justru malah banyak yang berteriak-teriak dari sisi negatifnya saja. huff

  3. banyak artikel yang saya baca,banyak yang mengungkapkan bahwasannya ganja mempunyai manfaat dalam pencegahan kanker.apa itu benar? saya tunggu jawabannya secepatnya karena saya juga sedang malakukan riset.semoga pendapat anda dapat membantu saya dalam menyeklesaikan riset saya.terimakasih.

    1. ya benar sekali bahwa ganja dapat mencegah kanker, yaitu kanker otak. namun penggunaannya harus diawasi oleh ahlinya. karena selain dapat dipakai untuk terapi, pemakaian ganja dalam jumlah yang berlebihan dapat beresiko terkena kanker testis. untuk lebih jelasnya, silahkan lihat artikel yang saya sadur dari beberapa sumber

      http://www.juraganmedis.com/marijuana-mencegah-kanker-otak.html
      http://www.kikil.org/forum/Thread-pencandu-ganja-berisiko-kanker-testis

  4. alow sob,,,gw mau sedikit cerita tentang ganja yg sudah mendarah daging sama diri gw,coz,gw ini mengganja udah hampir 15th lebih,,dan pemakaianya pun hampir setiap hari..tapi ko gw sampai detik ini blm pernah mengalami dampak buruk dr ganja tersebut,,kira2 itu berbahaya ga buat diri gw karena pemakaian gw yg secara rutin tiap hari?..thanks

  5. setelah saya membaca dari pendapat mas Fuad ….
    memang benar di negara kita hanya melihat dari sisi negatifnya aj ….
    padahal kalau menurut saya pribadi manfaat ganja emang banyak …

    kita ambil dari segi positifnya aj ..
    saya tidak akan membeberkan manfaat dari ganja…

    tapi saya sangat setuju dengan pendapat dari mas puad.. heee

  6. knapa ganja dimksr sulit Q dapat kan?????????????
    dan knapa jg daun ganja mkn lam dah mkn naik ne hargaxxxxxxxxx????????

  7. Emang betul yg dikatakan diatas,segala sesuatu pasti ada manfaatnya. saya pernah mencoba ganja dan efeknya tidak berbahaya yg sprti orang katakan,tergantung yg memakainya untk apa, malahan yg saya gk suka makan tapi stlah menghisap ganja napsu makan saya bertambah,itu contoh kecilnya manfaat dri ganja yg saya dpt.

  8. Saalluuttt buat kang fuuaad,,!!

    Ganja bnyk manfaatnya,,!!
    Ayu kita perjuangkan utk melegalisasikan tanaman ganja di republik uye ini,,!!

    Jgn hanya berdiam diri,,!!

  9. maaf, gua jadi ikut comment gara” liat pendapat mas Fuad.
    jujur, gua sakit kanker otak, dan sampai sekarang gua masih terapi daun ganja (walaupun sering gua jadiin teh :) )
    sejak gua terapi daun ganja, hidup gua terasa ada spirit kembali :)

  10. terkadang manusia melihat dri sisi negatif nya aja sie
    mka’a lhat jga kallo ganja itu banyak manfa’at nya,,,,,,
    gue stuju bgt kallo ganja di legalisasikan scpatnya….

  11. Kalau di Sumatera Barat, Ganja dimanfaatkan untuk rem tambahan pada kendaraan bermotor, terutama saat menanjak. Ganja sangat membantu para pengemudi, terutama pengemudi truk.

  12. ydh para pnmrintah indonesia, d bbasin ja utuk gnja, jgn d lrang..,…..
    ge pula jga manfaat tuk gnja jga byak…..

    bax’s dong’s……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>