Laruku history

Berawal pada tahun 1991 di Osaka. Tetsu dan Hiro, berniat membentuk sebuah band. Mereka mulai mencari personil dengan melihat penampilan indie dari satu live house ke live house lain. Bertemulah mereka dengan Hyde yang saat itu masih menjadi gitaris sebuah band bernama Kidies Bombs, Kidies Bombs sedang mengalami perombakan personil, sehingga Hyde harus menjadi vokalisnya. Hyde yang ingin menjadi gitaris, merasa tidak percaya diri menjadi vokalis. Namun ia tetap mencoba untuk bernyanyi [walau sesekali sambil bermain gitar], Kidies Bombs kemudian berganti nama menjadi Jerusalem’s Rod.

Saat Tetsu menonton konser Jerusalem’s Rod, Tetsu tertarik untuk merekrut Hyde sebagai vokalis bandnya. Lalu Tetsu pun makin sering mengikuti aksi manggung Jerusalem’s Rod, seakan ia fans beratnya. Sarnpai akhirnya, ia mendapat nomor telpon Hyde, la menghubungi Hyde dan memintanya untuk rnenjadi vokalis. Tetsu pun mengundang Hyde dan Pero untuk jam-session bersama. Hyde kemudian memutuskan untuk mundur dari Jerusalem’ s Rod dan bergabung dengan Tetsu. Sedang kan Pero langsung mengiyakan, Februari 1991,terbentuk sebuah band bernama L’ Arc en Ciel dengan Hyde sebagai vokalis, Hiro sebagai gitaris, Tetsu sebagai bassis, dan Pero pada drum. Nama L’Arc-en-Ciel (ラルク アン シエル, Raruku An Shieru?, “the rainbow” in French) diambil dari bahasa Perancis yang berarti ‘ an ark in the sky’, (sok tau gitu deh gue). Oleh orang Jepang, sering disingkat menjadi ‘Laruku’. Tetsu menemukan nama ini dari judul film Perancis yang ditontonnya. la berpikir nama ini sangat menarik, namun ia tidak tahu artinya. Akhirnya Tetsu pergi ke toko buku dan mencari kamus bahasa Perancis. Melihat artinya adalah rainbow, Tetsu makin mantap akan nama ini. Siapa yang menyangka nama ini merefleksikan karir L’ Arc en Ciel yang sudah berjalan lebih dari 15 tahun. Dan Laruku menjadi salah satu band rock Jepang tahun 90-an yang masih eksis hingga kini. Mereka memulai dengan manggung pada live house. Dari penontonnya yang hanya 2 hingga 300 orang saja, Pada 30 Mei 1991, Laruku menggelar konser perdananya secara indie di Osaka Nanba Rockets.

Di Jepang sendiri ada mitos yang mengatakan ‘ Jika ingin sukses menjadi band rock, mulailah menjadi band indie yang berpenampilan visual ‘. Nama-nama grup indies yang muncul pun berbau nama-nama Eropa. Laruku akhirnya terbawa dalam tradisi ini. Mereka iampil visual layaknya androgyny dengan kostum gaun, make up tebal, lipstick merah. dan sentuhan nuansa mediteranian. Alhasil, banyak penonton yang mengira vokalis Laruku seorang wanita atau gay. Namun sang pemilik live house yakin’ Hyde adalah pria sejati’, la berpendapat suara Hyde sangat atraktif dan kuat. la yakin sekali suatu saat nanti Laruku akan menjadi band yang besar. Sejak saat itu, mereka mulai terkenal di kalangan kornunitas indie. Tawaran manggung mulai berdatangan, dari berbagai kota. Akhirnya Laruku mulai mengembangkan ‘ sayap’ dengar menggelar tour keliling Osaka.

0 thoughts on “Laruku history

  • 08/05/2008 at 3:35 AM
    Permalink

    Ada koleksi video clip laruku ga? Sapa tw kita bisa berbagi…

    Reply
  • 08/05/2008 at 3:37 AM
    Permalink

    minta koleksi mp3nya juga ya… sorry lupa

    khirane.wordpress.com

    Reply
  • 08/05/2008 at 10:10 AM
    Permalink

    coba liat blog saya di sebayan9.multiply.com disitu ada beberapa album Laruku beserta video clipnya.. silahkan diunduh…

    Reply
  • 19/05/2008 at 2:37 PM
    Permalink

    wah bagus historynya..
    tapi klo bisa kasi update album meeka juga yak??
    gwjuga butuh..
    sekalian cariin url yang bisa ngedownload albumnya…

    arigato gozaimasta

    Reply
  • 20/05/2008 at 4:18 AM
    Permalink

    Kalo mau tau lengkap tentang history L`arc~En~Ciel silahkan kunjungi Blog saya di http://www.sebayan9.multiply.com disitu ada beberapa album laruku yang sudah saya upload cukup lengkap.

    Reply
  • 11/10/2008 at 6:31 PM
    Permalink

    boleh minta lagu laruku yang album nexus 4 g’?

    Reply
  • 04/11/2008 at 3:28 PM
    Permalink

    formasi laruku yg update skarang siapa aja sih, gw denger mrk pernah pecah, bener ga sih?

    Reply
  • 04/11/2008 at 11:32 PM
    Permalink

    setelah mengeluarkan album smile, mereka sepakat untuk vakum sementara waktu. Hyde memulai bersolo karir, tetsu sibuk dengan bandnya yang bernama creature-creature nya, ken dengan S.O.A.P (Son of All Pussy), dan yukihiro yang menjadi DJ dan bergabung dalam Acid android. Sedangkan untuk susunan Laruku masih tetap samapai saat ini; hyde sebagai vokalis, tetsu bassist, ken gitaris, dan drummer yukihiro.

    Reply
  • 06/11/2008 at 1:48 PM
    Permalink

    q pengen l’arc~en~ciel g’ vacum cz tar ghimana ma pengemarannya (setuju g’ semua),.,..,.,,…, ^_^

    q mhon laruku g’ break long dech ^_^

    Reply
  • 06/11/2008 at 8:28 PM
    Permalink

    se7!.. tenang aja L`Arc-en-Ciel udah gabung lagi kok.. mereka langsung merilis album “AWAKE” dan memulai tour di Asian (Tokyo, seoul dan Taiwan) 🙂

    Reply
  • 18/03/2009 at 11:07 AM
    Permalink

    Sukses selalu deh bwt Laruku….. Gw pengen mereka gelar konser di INDONESIA Ok untuk para fans Laruku Sughoi………tuk klian smua^_^

    Reply
    • 21/03/2009 at 1:54 PM
      Permalink

      itu yang diharapkan oleh para penggemar laruku di Indonesia

      kita berdoa saja ya 🙂

      Reply
  • 11/07/2009 at 2:44 PM
    Permalink

    Tolng laruku ke indonesia ya

    Reply
  • 14/07/2009 at 8:39 AM
    Permalink

    koo ga salah ALbUM “NEXUS4”..!!! ^_^

    Katanya ampe 2011 vacum’A LHo…. (Bowsing-Browsing di Net)

    MOga ja Langsung Ngadaim konser di indo!!!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there, welcome to my personal blog. Hope you enjoy visiting here. If you’d like to get in touch with me for either commercial and training purpose, feel free to reach my contact page. Cheers!