Membuat Daftar File dari Windows Explorer

Mungkin ada beberapa dari anda yang bingung untuk membuat daftar file dari sebuah folder. Disini saya akan mencoba membantu untuk membuat “script” untuk menghasilkan sebuah daftar isi sebuah folder hanya dengan menggunakan ‘single click’ (klik kanan dari konteks menu windows). enjoy!

Langkah pertama:

Untuk membuat daftar isi sebuah folder, pertama kita harus membuat script untuk meng-generate-nya.

Kertik script dibawah ini pada notepad, lalu save dengan nama filelist.bat

dir /a /-p /o:gen >filelisting.txt

nama output dari ‘filelisting.txt’ dapat anda rubah sesuai yang anda inginkan.

Langkah kedua:

Memodifikasi Konteks Menu Windows. Buka Windows Explorer, klik Tools, lalu click Folder Options. Klik File Types tab, kemudia klik Folder. Klik tombol Advanced dan kemudian klik New untuk membuka ‘New Action box’ seperti pada gambar dibawah.

Pada Kolom Action, isi dengan nama yang anda suka untuk ditampilkan pada konteks menu. Kolom dibawahnya diisi dengan script yang kita buat pada langkah pertama. Klik browse dan rujuk ke lokasi dimana script tersebut berada.

Selesai! sekarang anda dapat membuat daftar isi dalam sebuah folder hanya dengan menggunakan satu klik saja. (tidak perlu repot untuk menelusuri tiap-tiap direktori dan menulis nama file satu persatu) 🙂

Sumber: theeldergeek.com

0 thoughts on “Membuat Daftar File dari Windows Explorer

  • 23/03/2009 at 4:54 PM
    Permalink

    sampel… sampe… sampel… saya butuh source baru untuk vbs virus… oke thank you!!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there, welcome to my personal blog. Hope you enjoy visiting here. If you’d like to get in touch with me for either commercial and training purpose, feel free to reach my contact page. Cheers!