Memulihkan Password Root Ubuntu Server

Hari ini iseng-iseng mau buka VM Ubuntu yang lama buat ngoprek Aterisk. Apaan tuh? Asyik.. nemu mainan baru lagi nih ceritanya 😀

Minggu lalu soalnya ikutan kumpul bareng temen-temen bahas solusi mudah dan murah membangun VoIP (Voice over Internet Protocol). Ternyata membangun infrastruktur VoIP nggak susah-susah amat (mentang-mentang baru ikut aja udah belagu, hehe).

Tenang nanti di satu artikel kita akan bahas bagaimana cara membangun infrastruktur VoIP dengan dana minimal 😀

Ok, balik lagi ke topik utama.

Setelah menyalakan VM kok mendadak dangdut lupa password root ya. Waduh alamat instal ulang dong nih 🙁

Eit, tunggu dulu. Setelah browsing singkat ketemu salah satu halaman yang menyarankan untuk me-reset password tersebut. Caranya sungguh sangat mudah. Bahkan kita tidak perlu menyiapakan installer Ubuntu untuk melakukan proses reset. Ini dia caranya.

  1. Login seperti biasa hingga muncul GRUB bootloader
  2. Setelah itu cari perintah yang diawali dengan kata “Linux” kemudian sisipkan baris berikut di akhir kalimat

reset passwd root ubuntuinit=/bin/bas

3. Tekan F10 untuk melanjutkan proses boot

4. Setelah masuk ke dalam console dengan mode priviledge, tuliskan perintah di bawah ini

# mount -o remount,rw /
# passwd
HERE YOU CHANGE YOUR PASSWORD
# reboot -f

5. Ok, selanjutnya setelah restart silahkan coba password root Anda yang baru.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there, welcome to my personal blog. Hope you enjoy visiting here. If you’d like to get in touch with me for either commercial and training purpose, feel free to reach my contact page. Cheers!