Mudahnya Backup & Restore Driver Menggunakan Double Driver

Double driver? apa itu?

Program rancangan anak Indonesia ini (Budy Setiawan Kusumah) memiliki fungsi yang sangat bermanfaat buat kita yang punya sistem lawas dan ingin melakukan instal ulang OS. Pasti ribet kan kalau sekonyong-konyong Windows kita corrupt dan harus instal ulang terus CD/DVD driver Motherboard dan perangkat lainnya udah hilang atau rusak. Memang sih beberapa situs masih menyediakan driver lawas tapiii jangan salah kebanyakan kita dipaksa melakukan instal aplikasi pemindai driver lah padahal bisa jadi aplikasi itu malah bikin sistem operasi kita makin tidak stabil alih-alih mungkin malah crash.

Program ini bersifat Freeware a.k.a gratis atau gretongan artinya dapat didistribusikan kemana pun dan ke siapa pun tanpa mengubah struktur ataupun algoritma di dalamnya. Selain itu program ini juga bersifat portabel yang artinya dapat dipindahkan kemana pun tanpa perlu harus ribet melakukan instalasi. Selain ringan, aplikasi ini juga menyediakan fitur GUI yang sederhana dan pastinya tidak ada ads alias iklan-iklan yang nggak jelas justrungannya.

Operasi Backup

Cara menggunakannya cukup mudah, setelah berhasil mengunduh hanya tinggal ekstrak file tersebut dan dapat langsung dijalankan.

double-driver-1

Kemudian pilih Scan Current System… tunggu beberapa saat akan muncul semua list driver yang terinstall di sistem kita. Poin pentingnya adalah kita tidak perlu mem-backup driver bawaan dari Microsoft karena driver tersebut akan dibuat lagi ketika nanti kita melakukan instalasi ulang OS.

double-driver-2

Pilih lokasi tempat meletakkan hasil backup driver.. pilih yang structured folder saja (default). Bedanya dengan pilihan nomor dua dan tiga hanya bentuk akhir dari backup apakah mau di-ZIP atau di-EXE kan.

double-driver-3

Apabila sukses akan muncul prompt seperti gambar di atas.

Operasi Restore

double-driver-4

double-driver-5

Setelah berhasil mem-backup driver yang diperlukan sekarang waktunya melakukan restore. Klik Locate Backup kemudian arahkan ke folder tempat backup driver berada.

double-driver-6

double-driver-7

Akan muncul Device Driver Installation Wizard, klik Next dan proses restore akan berjalan secara otomatis. Apabila muncul Windows Security mem-verifikasi pembuat driver, pilih Install this driver software anyway.

 

double-driver-8

double-driver-9

 

double-driver-10

double-driver-11

Nah jika sukses akan muncul wizard seperti gambar di atas.

Sekarang Anda tidak perlu kuatir apabila ingin melakukan instal ulang perangkat lawas yang sekarang mungkin sudah tidak ada supported driver-nya lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there, welcome to my personal blog. Hope you enjoy visiting here. If you’d like to get in touch with me for either commercial and training purpose, feel free to reach my contact page. Cheers!