Multiseat with Ubuntu

Multiseat, multi-stasiun atau multiterminal konfigurasi adalah satu komputer yang mendukung beberapa pengguna pada saat yang bersamaan. Konfigurasi biasanya terdiri dari satu monitor, keyboard dan mouse untuk setiap pengguna dan mungkin termasuk headphone untuk beberapa pengguna.

Tujuan

Dengan peningkatan kapasitas prosesor dan memori, komputer sekarang dapat melakukan signifikan jumlah tugas secara simultan tanpa perlambatan bawah. Namun, menggunakan konfigurasi standar komputer, hanya satu pengguna dapat menggunakan komputer pada waktu, membatasi efektivitas sistem masih menganggur karena sebagian besar waktu. Dengan multiterminal, banyak pengguna dapat berbagi komputer yang sama, sehingga lebih dari total kapasitas yang akan digunakan. Misalnya, jika seseorang hanya menggunakan web browser atau pengolah kata, tidak ada satu lagi yang bisa menggunakan komputer dan 90% dari sumber daya sistem dapat siaga – tetapi dengan multiterminals, orang lain akan dapat menggunakan sumber daya lain siaga. Namun, jika ada seseorang yang menggunakan semua sumber daya sistem (bermain-sumber daya yang intensif permainan komputer, misalnya) yang lain pengguna akan memiliki sistem yang sangat lambat.

Multiterminals juga lebih hemat biaya: tidak perlu membeli terpisah motherboard, mikro, RAM, hard disk dan komponen lainnya untuk setiap pengguna.Misalnya, membeli satu CPU kecepatan tinggi biasanya kurang dari biaya membeli beberapa CPU lambat.

Persyaratan Hardware

Setiap VGA akan perlu dihubungkan ke output grafis. Beberapa kartu video memiliki beberapa keluaran dan dukungan beberapa monitor. Secara teoritis seharusnya bahkan mungkin untuk bekerja split layar. Misalnya, untuk membuat empat kepala (multiseat untuk empat pengguna), akan memerlukan empat monitor, empat keyboard, empat mouse dan dua ganda atau tunggal empat output video kartu. Sebagian besar komputer hanya memiliki satu PS-2 atau serial port USB jadi masukan perangkat harus dipertimbangkan. Juga mesin paling modern hanya memiliki satu PCIe atau AGP slot, sehingga PCI kartu video mungkin diperlukan. Akhirnya, perangkat lunak perlu dikonfigurasi untuk mengijinkan beberapa pengguna, baik di lingkungan yang terpisah, atau bahkan agar mereka dapat berinteraksi dengan satu sama lain, sebagai MPX memungkinkan.

saduran:

  1. http://netpatia.blogspot.com/2006/09/multiseat-computer-with-ubuntu.html
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Multiseat
  3. https://help.ubuntu.com/community/MultiseatX
  4. http://www.linuxtoys.org/multiubuntu/multiubuntu.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there, welcome to my personal blog. Hope you enjoy visiting here. If you’d like to get in touch with me for either commercial and training purpose, feel free to reach my contact page. Cheers!