Akhirnya Google Inc mengakui adanya Indonesia. Senangnya .. Loh memang tau darimana? coba ketikkan alamat www.translate.google.com lihat apa yang terjadi? yup akan muncul gambar seperti dibawah ini.

Translate.google_ori

Lalu apa sebenarnya fungsi dari halaman ini? disinilah hebatnya. Bagi anda yang ingin mengartikan susunan kata atau kalimat menjadi bahasa yang lain, atau istilah katanya ‘menterjemahkan’, silahkan menggunakan fitur ‘translate’ dihalaman ini. Layanan baru dari Google (baca:translate@google) ini tidak hanya dapat menterjemahkan ke satu bahasa saja, namun ke multibahasa (termasuk Bahasa Indonesia). Kita dapat menentukan arah terjemahan dengan meng-klik tombol scroll down pada tab translate.

Sebagai contoh saya akan mencoba menterjemahkan kata “Selamat pagi” dari Bahasa Indonesia menjadi kata dalam Bahasa Jepang.

Translate.google

Anda dapat lihat hasilnya menjadi ?????????’ (Kira-kira bener ngga ya artinya?)

Kini anda dapat menjadikan translate.google ini sebagai alternatif way untuk menterjemahkan atau mengalihbahasakan suatu kata atau kalimat daripada menggunakan beberapa software translator yang berbayar (shareware).